KEMAMPUAN LITERASI INFORMASI dalam PENGGUNAAN E-RESOURCES di KALANGAN MAHASISWA UNIVERSITAS AIRLANGGA

Inggar Cipta Aulia Bahesti, 071311633041 (2017) KEMAMPUAN LITERASI INFORMASI dalam PENGGUNAAN E-RESOURCES di KALANGAN MAHASISWA UNIVERSITAS AIRLANGGA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis.IIP.68.17 . Bah.k - ABSTRAK.pdf

Download (18kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fis.IIP.68.17 . Bah.k - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 19 November 2020.

Download (558kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (FULL ARTICLE)
Fis.IIP.68.17 . Bah.k - JURNAL.pdf

Download (50kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kemampuan literasi informasi memiliki peran penting bagi mahasiswa dalam memahami informasi yang sedang dibutuhkannya. Hadirnya e-resources mampu mengubah perilaku pencarian informasi mahasiswa. Mahasiswa lebih memilih untuk menggunakan eresources sebagai proses mencari informasi, daripada untuk mencari informasi dibuku teks, dengan mempertimbangkan bahwa mencari informasi pada e-resources lebih mudah dan memiliki kecepatan untuk mendapatkan informasi yang seseuai dengan kebutuhan. Dengan memperhatikan langkah-langkah sebelum mencari informasi pada e-resources, hasil yang diperoleh akan maksimal, langkah-langkah tersebut seperti merumuskan kata kunci dan yang lainnya. Dengan latar belakang tersebut, diperoleh rumusan masalah bagaimana gambaran kemampuan literasi informasi dalam penggunaan e-resources di kalangan mahasiswa Universitas Airlangga, dengan tipe penelitian kuantitaif deskriptif, teknik pengambilan sample purposive, teknik pengolahan data dilakukan dengan menggunakaan SPSS versi 16. Lokasi penelitian di Perpustakaan Kampus B Universitas Airlangga. Diperoleh hasil dengan menggunakan konsep literasi informasi dengan enam standar dari Australian and New Zealand Information literacy Framework, pada standar satu, mahasiswa telah mampu untuk mengenali kebutuhan informasi dengan memilih serta menentukan sumber informasi yang memberikan berbagai informasi kredible, pada standar kedua, dapat digambarkan bahwa mahasiswa mampu untuk mengetahui sejauh mana informasi yang dibutuhkan, pada standar ketiga mahasiswa mampu untuk kritis mengevaluasi informasi dan sumber informasinya, pada standar kelima ini bahwa sebagian mahasiswa mampu dalam menggunakan informasi secara efektif untuk belajar, menciptakan pengetahuan baru, memecahkan masalah dan membuat keputusan yang terkait dengan informasi yang dibutuhkannya, pada standar keenam ini, mahasiswa mampu menjadi pembelajar mandiri yang berlangsung sepanjang hayat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.IIP.68/17 Bah k
Uncontrolled Keywords: Literasi, e-resources, kredible
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
Inggar Cipta Aulia Bahesti, 071311633041UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEndang Gunarti, Dra., M.I.Kom.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 14 Jan 2018 22:34
Last Modified: 14 Jan 2018 22:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68363
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item