CAHYADI WIDI WAHYONO, 071414353015 (2016) PERAN AKTOR KEBIJAKAN DALAM FORMULASI KEBIJAKAN MULTIGRADE TEACHING DALAM RANGKA PENATAAN DAN PEMERATAAN GURU DI KABUPATEN BLITAR. Thesis thesis, Universitas Airlangga.
|
Text (ABSTRAK)
TKP 01-17 Wah p Abstrak.pdf Download (101kB) | Preview |
|
Text (FULLTEXT)
TKP 01-17 Wah p Sec.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Salah satu permasalahan mendasar dalam pengelolaan pendidikan terletak pada distribusi guru. Dilema pengangkatan guru namun tidak menjamin pemerataan menjadi permasalahan tersendiri dalam kebijakan pendidikan di Indonesia. Di kabupaten Blitar terdapat kebijakan Multigrade Teaching sebagai solusi dari permasalahan pemerataan guru. Proses formulasinya memungkinkan terlibat banyak berbagai aktor sehingga mempengaruhi munculnya kebijakan susulan atas intervensi dan lobbying yang dilakukan oleh aktor kebijakan. Penelitian ini memiliki arti penting dalam mengidentifikasi aktor yang terlibat dalam formulasi kebijakan serta peranannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi aktor kebijakan dan menganalisis peran aktor dalam formulasi kebijakan. Penelitian ini mengunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Strategi penelitian ini menggunakan study kasus yang berfokus pada formulasi kebijakan Multigrade Teaching di kabupaten Blitar. Teori yang menjadi pijakan dalam penelitian ini adalah Formulasi kebijakan, dan aktor kebijakan serta analisis peran kebijakan yang dipadukan dengan teori orientasi aktor dan lobbying dalam relasinya terhadap perumusan kebijakan. Hasil dari penelitian ini adalah menunjukkan adanya dominasi aktor resmi dan peran yang cukup kuat dari salah satu aktor rekanan dimana pola relasinya terjalin dengan soft lobbying. Peran masing-masing aktor yang terlibat dapat diseimbangkan oleh aktor kunci. Meski pasca proses penetapan kebijakan lobbying atas alternatif kebijakan yang dulunya sudah diajukan dan mendapat penolakan kemudian mampu menjadi kebijakan susulan yang mengikuti setelahnya.
Item Type: | Thesis (Thesis) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK2 TKP.01/17 Wah p | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Formulasi, Actor Kebijakan, Multigrate Teaching | |||||||||
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) > H61-97 Policy sciences | |||||||||
Divisions: | 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Kebijakan Publik | |||||||||
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Depositing User: | Mr Binkol2 2 | |||||||||
Date Deposited: | 19 Feb 2018 16:50 | |||||||||
Last Modified: | 19 Feb 2018 16:50 | |||||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68364 | |||||||||
Sosial Share: | ||||||||||
Actions (login required)
View Item |