PENGEMBANGAN INSTRUMEN KEBIJAKAN PENGELOLAAN LIMBAH MEDIS PADAT PADA FASILITAS KESEHATAN DI KABUPATEN GRESIK

Zurron Arifin, 071414353005 (2016) PENGEMBANGAN INSTRUMEN KEBIJAKAN PENGELOLAAN LIMBAH MEDIS PADAT PADA FASILITAS KESEHATAN DI KABUPATEN GRESIK. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
TKP 02-17 Ari p Abstrak.pdf

Download (296kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
TKP 02-17 Ari p Sec.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui instrumen kebijakan dan bagaimana instrumen kebijakan digunakan dalam pengelolaan limbah medis padat pada fasilitas kesehatan di Kabupaten Gresik serta bagaimana pengembangannya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan strategi studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dengan informan, serta menelaah dokumen-dokumen yang terkait dengan masalah yang diteliti. Kemudian untuk memeriksa keabsahan data, digunakan teknik triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 7 (tujuh) instrumen kebijakan yang telah digunakan dalam pengelolaan limbah medis padat di Kabupaten Gresik yaitu : family and community, voluntary organizations, privat markets, information and exhorlation, action of property rights, regulation, dan direct provision. Ke-tujuh instrumen tersebut belum sepenuhnya dijalankan dengan optimal, sehingga pengelolaan limbah medis padat belum dapat berjalan dengan baik. Semua instrumen yang telah digunakan dapat dikembangkan termasuk 3 (tiga) instrumen lain yaitu : subsidies, tax and user charges, dan public enterprises sehingga pengelolaan limbah medis padat pada fasilitas kesehatan di Kabupaten Gresik dapat berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK2 TKP.02/17 Ari p
Uncontrolled Keywords: Instrumen kebijakan, pengembangan, limbah medis padat
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD3611-4730.9 Industrial policy. The state and industrial organization Including licensing of occupations and professions, subsidies, inspection, government ownership, municipal services
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Kebijakan Publik
Creators:
CreatorsNIM
Zurron Arifin, 071414353005UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAntun Mardiyanta, Dr. , Drs., M.AUNSPECIFIED
Thesis advisorErna Setijaningrum, Dr. S.IP.,M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 19 Feb 2018 16:51
Last Modified: 19 Feb 2018 16:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68366
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item