KOALISI STAKEHOLDER DALAM PENATAUSAHAAN HASIL HUTAN KAYU YANG BERASAL DARI HUTAN ALAM (Studi Di Kawasan Hutan Alam Kabupaten Buton Utara Provinsi Sulawesi Tenggara)

LA ODE SABIRILA JAYALANGI, 071414353007 (2016) KOALISI STAKEHOLDER DALAM PENATAUSAHAAN HASIL HUTAN KAYU YANG BERASAL DARI HUTAN ALAM (Studi Di Kawasan Hutan Alam Kabupaten Buton Utara Provinsi Sulawesi Tenggara). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
TKP 06-17 Jay k Abstrak.pdf

Download (559kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
TKP 06-17 Jay k Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 19 December 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perkembangan terbaru bahwa proses implementasi kebijakan sering kali melibatkan banyak organisasi dengan satu kelompok sasaran tertentu. Tetapi organisasi yang terlibat dalam implementasi tidak saling tergantung antara satu dengan yang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskirpsikan peran stakeholder dan untuk menganalisis koalisi stakeholder dalam penatausahaan hasil hutan kayu yang berasal dari hutan alam di kawasan hutan alam Kabupaten Buton Utara Provinsi Sulawesi Tenggara. Selanjutnya, penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif.Teknik penentuan informan dengan teknik purposive dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa stakeholder utama, yakni masyarakat pada umumnya, stakeholder sekunder yakni karyawan sementara dan stakeholder kunci yakni Kepolisian dan Dinas Kehutanan masing-masing memiliki program untuk menangani maraknya illegal logging. Secara umum, koalisi stakeholder dalam penatausahaan hasil hutan kayu yang berasal dari hutan alam dapat dilihat dari otoritas hukum belum berjalan secara optimal sebagaimana yang diharapkan karena masih masing – masing stakeholder tersebut tidak bekerjasama dalam melakukan pengawasan dan penyelidikan terhadap kasus illegal logging. Segi penyebaran informasi juga belum berjalan secara optimal karena informasi tentang Peraturan Menteri tersebut hanya disosialisasi kepada pengusaha kayu sedangkan kepada masyarakat pada belum pernah dilaksanakan. Segi sumber daya keuangan sangat terbatas sehingga polisi hanya bisa menangkap atau menindak hanya pada item-item tertentu saja. Kepemimpinan Terampil juga belum berjalan maksimal. Hal ini karena pimpinan masih kurang melakukan pengawasan dan mengevaluasi para pegawainya serta kurang mengarahkan pegawainya untuk selalu mengedepankan visi organisasi.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK2 TKP.06/17 Jay k
Uncontrolled Keywords: Peran Stakeholder, Koalisi Stakeholder, Penatausahaan Hasil Hutan Kayu
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Kebijakan Publik
Creators:
CreatorsNIM
LA ODE SABIRILA JAYALANGI, 071414353007UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorH. Jusuf Irianto, Prof.Dr.,Drs.,M.comUNSPECIFIED
Thesis advisorRestoto Hartojo Putro, Drs., SUUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 19 Feb 2018 16:55
Last Modified: 19 Feb 2018 16:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68374
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item