Kualitas Layanan Online Institusional Repository pada Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya (Studi Deskriptif Menggunakan Metode E-Service Quality)

Maria Widya Nugrahayu, 071411623002 (2017) Kualitas Layanan Online Institusional Repository pada Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya (Studi Deskriptif Menggunakan Metode E-Service Quality). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis.IIP.92.17 . Nug.k - ABSTRAK.pdf

Download (163kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fis.IIP.92.17 . Nug.k - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 19 December 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perkembangan teknologi dapat memberikan perubahan positif bagi perpustakaan untuk menyebarkan informasi kepada publik dalam memenuhi kebutuhan informasi. Saat ini informasi digital menjadi tuntutan bagi perpustakaan, seperti halnya fenomena yang terjadi pada perpustakaan Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya dimana terjadi banyaknya permintaan dari mahasiswa untuk mendapatkan informasi secara up to date, khususnya karya ilmiah dalam bentuk digital. Untuk itu website institusional repository harus mempunyai kualitas yang baik agar pengguna dapat memperoleh informasi yang dibutuhkan dengan mudah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas layanan online institusional repository pada perpustakaan Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya. Dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling purposive dengan kriteria mahasiswa aktif Stikom Surabaya yang pernah mengakses informasi pada website institusional repository perpustakaan Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya dengan jumlah sampel 98 responden. Pengukuran kualitas website institusional repository dalam penelitian menggunakan metode penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan model eservice quality dari Jessica Santos dengan melihat kualitas pada dimensi inkubative dan dimensi active. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dimensi inkubatif lebih tinggi yaitu sebesar 3.66 dibandingkan dengan dimensi aktif dengan nilai 3.64, pada kedua dimensi ini memiliki keterkaitan dalam penilaian kualitas website institusional repository. Dimensi inkubative lebih mengarah pada sistem yang ada dalam website sedangkan dimensi active lebih mengarah pada dukungan website untuk dapat berjalan dengan baik. Website institusional repository dirancang menjadi website yang informatif sebagai wadah publikasi karya intelektual institusi dengan tujuan untuk meningkatkan visibilitas, prestise, serta reputasi institusi di dunia global.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.IIP.92/17 Nug k
Uncontrolled Keywords: Kualitas, website institusional repository, e-servive quality
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
Maria Widya Nugrahayu, 071411623002UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHelmy Prasetyo Yuwinanto, S.Sos., M.KP.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 15 Jan 2018 18:32
Last Modified: 15 Jan 2018 18:32
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68408
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item