HERDHITA VIDYA KHARISMA, 071311633053
(2017)
LITERASI DIGITAL DI KALANGAN GURU SMA DI KOTA SURABAYA.
Libri-Net, 6 (4).
pp. 31-32.
Abstract
Literasi digital merupakan sebuah kemampuan untuk untuk mendapatkan, memahami dan menggunakan informasi yang berasal dari berbagai sumber dalam bentuk digital (Gilster,1997). Seiring perkembangan teknoligi informasi dan komunikasi yang semakin pesat, serta tuntutan undang-undang republik Indonesia nomor 14 tahun 2005 profesional guru dituntut untuk bukan hanya mampu memanfatkan teknologi digital namun juga menilai keabsahan informasi yang didapatkan dari sumber digital. Gilster menyebutkan terdapat 4 aspek kompetensi agar seseorang dikatakan melek digital, keempat aspek tersebut adalah aspek pencarian di internet, aspek pandu arah hypertext, aspek evaluasi konten informasi serta aspek penyusunan pengetahuan. Metode pengambilan sampel adalah dengan teknik multistage random sampling pada 100 orang guru dari 5 SMA yang terdapat di kota Surabaya. Hasil penelitian ini menunjukan tingkat literasi digital dikalangan guru SMA di kota Surabaya sudah tergolong tinggi di semua aspek kompetensi, baik pada aspek pencarian di internet, aspek pandu arah hypertext, aspek evaluasi konten informasi serta aspek penyusunan pengetahuan.
Actions (login required)
|
View Item |