Mega Ayuning Tyas, 041014106 (2014) Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Niat Menjadi Mitra Perspektif Islam Pada BMT Beringharjo Cabang Madiun. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (Abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2014-tyasmegaay-32328-6.abstr-.pdf Download (362kB) | Preview |
|
Text (FULL TEXT)
6847 52.14.compressed.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh bauran pemasaran terhadap niat menjadi mitra perspektif Islam pada BMT Beringharjo cabang Madiun. Pengujian dilakukan dengan menggunakan metode regresi linier berganda, dimana variabel endogen (Y) adalah niat menjadi mitra dan variabel eksogen (X) adalah bauran pemasaran yang diidentifikasi dengan item produk (X1), harga (X2), tempat/saluran distribusi (X3), promosi (X4), sumber daya insani (X5), proses (X6), bukti fisik (X7), janji (X8), dan kesabaran (X9). Dalam penelitian ini ditambahkan 2 variabel dalam bauran pemasaran jasa yang sesuai dengan nilai-nilai Islam yaitu janji dan kesabaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Karakteristik populasi dalam penelitian ini adalah mitra BMT Beringharjo cabang Madiun yang aktif melakukan transaksi pada tahun 2014 dan berdomisili di kota Madiun. Jumlah sampel responden adalah 100 (seratus) orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling. Penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan dan parsial variabel bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, tempat/saluran distribusi, promosi, sumber daya insani, proses, bukti fisik, janji, dan kesabaran terbukti dapat mempengaruhi niat menjadi mitra perspektif Islam pada BMT Beringharjo cabang Madiun. Variabel tempat/saluran distribusi merupakan variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap niat menjadi mitra perspektif Islam pada BMT Beringharjo cabang Madiun. Saran bagi pihak BMT Beringharjo cabang Madiun adalah hendaknya meningkatkan aktivitas promosi agar lebih beragam sehingga bisa menarik perhatian dan sekaligus mengakrabkan BMT kepada calon mitra ataupun mitra yang sudah bergabung, mensosialisasikan produk BMT Beringharjo lebih jelas dan rinci terutama perbedaannya dengan produk bank lembaga keuangan konvensioanl, dan membuat cara promosi penjualan langsung yang lebih menarik dan kreatif dengan menambahkan sarana dan prasarana dalam melakukan promosi atau dengan membuat serangkaian kegiatan yang menarik dan dilakukan di keramaian yang disertai kegiatan penjualan langsung Kata kunci: produk, harga, tempat/saluran distribusi, promosi, sumber daya insani, proses, bukti fisik, janji, kesabaran, dan niat menjadi mitra perspektif Islam
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK - 2 FEB. EI. 52/14 Tya p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | COST ACCOUNTING | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ9701-9940 Public accounting. Auditing | ||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | hari | ||||||
Date Deposited: | 03 Jul 2014 12:00 | ||||||
Last Modified: | 25 Feb 2019 06:42 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/6847 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |