TEKNIK KULTUR Thalassiosira rotula DALAM SKALA LABORATORIUM DI PT. CENTRAL PERTIWI BAHARI REMBANG JAWA TENGAH

RISKY OCTAVIA DWI NURCAHYANI, 141411131055 (2017) TEKNIK KULTUR Thalassiosira rotula DALAM SKALA LABORATORIUM DI PT. CENTRAL PERTIWI BAHARI REMBANG JAWA TENGAH. Fakultas Perikanan dan Kelautan, Surabaya Universitas Airlangga. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (abstrak)
PKL.PK.BP.177-17 Nur t abstrak.pdf

Download (87kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
PKL.PK.BP.177-17 Nur t fulltext.pdf
Restricted to Registered users only until 28 December 2020.

Download (590kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Mikroalga merupakan mikroorganisme fotosintetik yang menggunakan sinar matahari dan karbondioksida untuk menghasilkan biomassa serta menghasilkan sekitar 50% oksigen yang ada di atmosfer. Pakan alami yang baik akan memberi nutrisi yang dibutuhkan biota untuk tumbuh dan berkembang. Thalassiosira rotula merupakan jenis diatom laut yang paling umum digunakan sebagai sumber pakan alami pada tahap kultur larva udang putih. Pakan alami dapat dibudidayakan (dikultur), cepat berkembang biak, dan memiliki daya toleransi yang tinggi terhadap lingkungan. Tujuan dari Praktek Kerja Lapang ini adalah untuk mempelajari, memahami, dan mempraktekkan secara langsung tentang teknik kultur pakan alami Thalassiosira rotula skala laboratorium dan mengetahui kendala dalam teknik kultur pakan alami Thalassiosira rotula skala laboratorium. Teknik Kultur di PT. Central Pertiwi Bahari diawali dengan sterilisasi, pembuatan pupuk, pemilihan bibit, kultur pada media agar, kultur dalam ampul, kultur dalam Elenmeyer, kultur dalam botol, kultur dalam galon. Pengamatan kepadatan sel dilakukan selama sembilan hari yang diambil dari kultur dalam botol dan mengalami puncak populasi pada hari ke empat sebanyak 1000.000 sel/ml. Kendala yang sering terjadi pada kultur fitoplankton Thalassiosira rotula skala laboratorium meliputi kontaminasi organisme yang berbaur dengan media kultur yaitu Chaetoceros calcitrans dan Tetraselmis chuii.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK PKL.PK.BP.177-17 Nur t
Uncontrolled Keywords: pakan alami, Thalassiosira rotula, teknik kultur
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsNIM
RISKY OCTAVIA DWI NURCAHYANI, 141411131055UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKismiyati, Dr., Ir., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 27 Dec 2017 16:03
Last Modified: 27 Dec 2017 16:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68643
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item