DETERMINAN PERILAKU PENGGUNAAN APD MENGGUNAKAN KONSEP HEALTH BELIEF MODEL (Studi pada Tenaga Kerja Stasiun Gilingan PG. Kremboong Sidoarjo)

OKTAFIRDA DWI CARINTAN, 101211131002 (2017) DETERMINAN PERILAKU PENGGUNAAN APD MENGGUNAKAN KONSEP HEALTH BELIEF MODEL (Studi pada Tenaga Kerja Stasiun Gilingan PG. Kremboong Sidoarjo). Skripsi thesis, Airlangga university.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak oktafirda.pdf

Download (29kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
OKTAFIRDA .pdf
Restricted to Registered users only

Download (812kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perilaku penggunaan APD penting dilakukan demi melindungi pekerja dari bahaya risiko kecelakaan kerja. Namun, kesadaran pekerja dalam penggunaan APD masih kurang. Adanya perubahan perilaku sangat diperlukan agar pekerja mau menggunakan APD secara lengkap. Teori health belief model merupakan teori yang dirancang untuk mendorong masyarakat melakukan suatu tindak pencegahan kesehatan. Studi penelitian dilakukan pada pekerja stasiun gilingan PG. Kremboong, Sidoarjo. Tujuan penelitian untuk menganalisis determinan perilaku dalam penggunaan APD pada pekerja, dengan menggunakan konsep health belief model. Penelitian ini menggunakan metode rancangan penelitian observasional (noneksperiment). Populasi penelitian adalah pekerja stasiun gilingan PG. Kremboong dengan besar sampel 45 responden. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis univariat dan disajikan menggunakan tabulasi silang, serta menggunakan uji Korelasi Spearman. Pengambilan data dilakukan dengan membagikan kuesioner kepada responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan pekerja berhubungan terhadap perilaku penggunaan APD, dengan hasil uji statistik Sig. (2-tailed) = 0,017. Selain pengetahuan, persepsi pekerja menerut teori health belief model juga memiliki hubungan terhadap perilaku penggunaan APD pada pekerja, antara lain persepsi kerentanan dan keseriusan dengan hasil uji Sig. (2-tailed) = 0,018; persepsi manfaat dengan hasil uji Sig. (2-tailed) = 0,002; persepsi hambatan dengan hasil uji Sig. (2-tailed) = 0,000; dan adanya isyarat untuk bertindak dengan hasil uji Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Dari hasil tersebut, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat hubungan pengetahuan pekerja, persepsi kerentanan dan keseriusan, persepsi manfaat, persepsi hambatan dan isyarat untuk bertindak terhadap penggunaan APD pada pekerja stasiun gilingan PG. Kremboong.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 349/17
Uncontrolled Keywords: Perilaku, APD, Health Belief Model
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3440-3460 Civil service. Government officials and employees
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
OKTAFIRDA DWI CARINTAN, 101211131002UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPulung Siswantara, , SKM., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Dewi Puspita
Date Deposited: 29 Jan 2018 22:10
Last Modified: 29 Jan 2018 22:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68661
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item