PENGATURAN PENGAMANAN PERDAGANGAN (SAFEGUARD) BAGI INDUSTRI DOMESTIK MEMASUKI MASYARAKAT EKONOMI ASEAN 2015

DARA PUSPITASARI, 031141132 (2016) PENGATURAN PENGAMANAN PERDAGANGAN (SAFEGUARD) BAGI INDUSTRI DOMESTIK MEMASUKI MASYARAKAT EKONOMI ASEAN 2015. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
TH. 88-17 Pus p abstrak.pdf

Download (55kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
TH. 88-17 Pus p fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini membahas tentang perlindungan industri dalam negeri terhadap adanya lonjakan impor memasuki MEA 2015 dengan penerapan tindakan pengamanan (safeguards measures) melalui peraturan nasional dan membandingkan kesesuaian peraturan nasional mengenai safeguards tersebut dengan WTO Agreement, baik dalam GATT 1947 maupun Agreement on Safeguards. Tindakan pengamanan (safeguards measures) berbeda dari tindakan anti dumping dan countervailing measures karena safeguards diterapkan dalam suasana perdagangan yang adil (fair trade). WTO memperbolehkan negara Anggota yang industrinya mengalami kerugian serius atau ancaman kerugian serius sebagai akibat adanya lonjakan impor untuk melakukan tindakan safeguards, baik berupa pengenaan tarif tambahan, pembatasan impor (kuota) maupun keduanya. Peraturan pemerintah dalam menjamin kemananan dan perlindungan perdagangan dalam bentuk trade remedy safeguard sudah mengakomodir perlindungan industri dalam negeri memasuki MEA 2015 ini terlihat dari adanya posisi dan kesiapan Indonesia dalam memasuki misi MEA 2015 dengan memberikan komitmen membentuk peraturan perdagangan dan perindustrian serta Komite Pengawas Persaingan Usaha. Penelitian ini menggunakan penelitian yuridis normatif karena menitikberatkan pada penelitian kepustakaan yang intinya meneliti asas-asas hukum, sistematis hukum, dan sinkronisasi hukum dengan cara menganalisanya. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Selanjutnya, permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah mengenai kesesuaian pengaturan safeguards dalam WTO dibandingkan dengan peraturan nasional dan mengenai penerapan tindakan pengamanan (safeguards measure) apakah telah dapat melindungi industri dalam negeri dari lonjakan impor atau belum.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TH. 88-17 Pus p
Uncontrolled Keywords: Safeguards, Industri Dalam Negeri, Impor
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3840-4375 Regulation of industry, trade, and commerce. Occupational law > K3941-3974 Trade and commerce
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Ilmu Hukum
Creators:
CreatorsNIM
DARA PUSPITASARI, 031141132UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorL. Budi Kagramanto, Prof. Dr., S.H., MHUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 29 Dec 2017 01:03
Last Modified: 29 Dec 2017 01:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68669
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item