EFEKTIVITAS EKSTRAK DAUN TALAS (Colocasia esculenta L. Schott) SEBAGAI PEMBERSIH PLAT AKRILIK TERHADAP MIKROOGANISME RONGGA MULUT

ICA YUSTICIA, 021411131012 (2018) EFEKTIVITAS EKSTRAK DAUN TALAS (Colocasia esculenta L. Schott) SEBAGAI PEMBERSIH PLAT AKRILIK TERHADAP MIKROOGANISME RONGGA MULUT. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (134kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 3 January 2021.

Download (1MB)

Abstract

Pengguna gigi tiruan biasanya menggunakan bahan pembersih gigi tiruan dengan larutan pembersih kimiawi untuk menghilangkan pembentukan plak, sisa makanan dan karang gigi, serta bau mulut karena pemakaian gigi tiruan. Saat ini dikembangkan penggunaan bahan alami sebagai alternatif penggunaan bahan sintetik. Salah satu bahan alami yang dikembangkan adalah daun talas. Daun talas mengandung senyawa saponin, flavonoid, dan tanin yang memiliki efek sebagai antimikroba. Tujuan: untuk mengetahui bagaimana efektivitas ekstrak daun talas sebagai denture cleanser terhadap mikroorganisme rongga mulut pada resin akrilik. Metode: Sampel saliva diinkubasi dalam media BHIB selama 48 jam untuk menumbuhkan mikroorganisme. Terdapat 3 kelompok perlakuan yaitu dengan ekstrak daun talas 40%, 60%, 80% serta kontrol (aquades steril). Setelah diberi perlakuan, hasil perlakuan ditanam pada media Nutrient Agar dan diinkubasi 24 jam. Setelah 24 jam terlihat pertumbuhan koloni mikroorganisme pada media dan dilakukan perhitungan. Hasil dianalisis dengan menggunakan uji Kolmogrov-Smirnov, Levene test, uji One-Way ANOVA dan HSD Tukey. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang bermakna pada konsentrasi 40% dan 80% yang menunjukkan pertumbuhan koloni mikroorganisme. Kesimpulan: Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perendaman plat resin akrilik dalam ekstrak daun talas (Colocasia esculenta L. Schott) dapat efektif menurunkan jumlah koloni mikroorganisme rongga mulut pada resin akrilik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK KG 200/17 Yus e
Uncontrolled Keywords: antimikroba, ekstrak daun talas, pembersih gigi tiruan, mikroorganisme rongga mulut
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi
Creators:
CreatorsNIM
ICA YUSTICIA, 021411131012UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorUtari Kresnoadi, Prof. Dr. ., drg., MS., SpPros(K)UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 03 Jan 2018 01:22
Last Modified: 03 Jan 2018 01:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68713
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item