KONSENTRASI HAMBAT MINIMAL DAN BUNUH MINIMAL EKSTRAK KULIT BUAH KAKAO TERHADAP BAKTERI Aggregatibacter actinomycetemcomitans

RIZQY HANIFAH AMELINDA, 021411131078 (2018) KONSENTRASI HAMBAT MINIMAL DAN BUNUH MINIMAL EKSTRAK KULIT BUAH KAKAO TERHADAP BAKTERI Aggregatibacter actinomycetemcomitans. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (398kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 3 January 2021.

Download (2MB)

Abstract

Karies merupakan salah satu penyakit kronis yang paling umum dan paling sering terjadi di dunia. Karies profunda merupakan lanjutan dari lesi karies dimulai dari setengah dentin. Bakteri karies profunda yang paling resisten adalah Aggregatibacter actinomycetemcomitans. Saat ini bahan alami seperti kulit buah kakao dapat menjadi alternatif bahan antibakteri karena mengandung bahan kimia aktif yang mampu menghambat dan membunuh bakteri penyebab karies. Pada penelitian sebelumnya, telah diketahui bahwa kulit buah kakao memiliki efek antibakteri terhadap bakteri Escherichia coli, Bacillus subtilis, dan Staphylococcus aureus. Tujuan: Untuk membuktikan efek konsentrasi ekstrak kulit buah kakao terhadap bakteri Aggregatibacter actinomycetemcomitans. Metode: Uji antibakteri dilakukan dengan menggunakan ekstrak kulit buah kakao dengan konsentrasi 1,04%, 1,56%, 2,09%, 2,61%, dan 3,125%. 6 tabung reaksi diisi dengan media BHIB ditambah 0,1 ml suspensi bakteri dan 1 tabung berisi media BHIB saja. Kemudian 5 tabung ditambahkan ekstrak dengan berbagai konsentrasi. Diinkubasi pada anaerobic jar dalam inkubator pada suhu 37oC selama 24 jam. Selanjutnya di streaking pada media Nutrient Agar lalu diinkubasi pada suhu 37oC selama 24 jam. Penentuan konsentrasi hambat minimal (KHM) dan konsentrasi bunuh minimal (KBM) dengan penghitungan manual. Hasil: Hasil menunjukkan bahwa ekstrak kulit buah kakao memiliki efek entibakteri terhadap bakteri Aggregatibacter actinomycetemcomitans dengan konsentrasi 1,56% merupakan KHM dan konsentrasi 2,61% sebagai KBM. Kesimpulan: Pada konsentrasi tertentu, ekstrak kulit buah kakao memiliki efek antibakteri terhadap bakteri Aggregatibacter actinomycetemcomitans.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK KG 202/17 Ame k
Uncontrolled Keywords: Karies profunda, Aggregatibacter actinomycetemcomitans, ekstrak kulit buah kakao, efek antibakteri, konsentrasi hambat minimal, konsentrasi bunuh minimal.
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi
Creators:
CreatorsNIM
RIZQY HANIFAH AMELINDA, 021411131078UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorLaksmiari Setyowati, , drg., MS., Sp.KG(K)UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 03 Jan 2018 01:29
Last Modified: 03 Jan 2018 01:29
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68715
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item