PREVALENSI MANIFESTASI ORAL PADA PASIEN HIV/AIDS ANAK-ANAK DENGAN PENGGUNAAN OBAT ANTIRETROVIRAL DI RSUD DR SOETOMO SURABAYA 2017

SECONDINI HILLARY SISWANTO, 021411131066 (2018) PREVALENSI MANIFESTASI ORAL PADA PASIEN HIV/AIDS ANAK-ANAK DENGAN PENGGUNAAN OBAT ANTIRETROVIRAL DI RSUD DR SOETOMO SURABAYA 2017. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (210kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 8 January 2021.

Download (1MB)

Abstract

Kasus infeksi HIV pada anak-anak di Indonesia masih cukup tinggi. Infeksi HIV dapat menyebabkan timbulnya manifestasi oral pada penderita HIV/AIDS. Infeksi virus ini memang tidak bisa disembuhkan, namun dapat dikendalikan dengan pengobatan antiretroviral. Obat ARV dapat menurunkan risiko manifestasi oral yang timbul pada pasien HIV/AIDS anak-anak. Namun pengobatan antiretroviral juga dapat mengakibatkan timbulnya manifestasi oral yang lainnya seperti hiperpigmentasi. Tujuan: Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui prevalensi manifestasi oral berdasarkan penggunaan obat ARV pada pasien HIV/AIDS anak- anak di RSUD Dr. Soetomo Surabaya 2017. Metode: Metode yang digunakan adalah penelitian observasional deskriptif secara cross-sectional dengan total sampling yang dilakukan di Unit Perawatan Intermediet dan Penyakit Infeksi RSUD Dr. Soetomo mulai Juni sampai Oktober 2017 pada pemeriksaan intraoral pasien anak HIV/AIDS positif. Hasil: Dari 28 pasien HIV/AIDS anak-anak yang menggunakan ARV didapatkan kasus manifestasi oral dengan jumlah 53 kasus. Simpulan: Angular cheilitis adalah manifestasi oral yang paling banyak ditemukan dalam penelitian ini pada pasien HIV/AIDS anak-anak dengan pengobatan ARV.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK KG 245/17 Sis p
Uncontrolled Keywords: ARV, HIV/AIDS, manifestasi oral.
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi
Creators:
CreatorsNIM
SECONDINI HILLARY SISWANTO, 021411131066UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHening Tuti Hendarti, , drg.,MS.,SpPMUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 07 Jan 2018 21:52
Last Modified: 07 Jan 2018 21:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68808
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item