EKSPRESI FIBROBLAST GROWTH FACTORS-2 (FGF-2) PADA SEL OSTEOBLAS YANG DITANAM DALAM NANO CHITOSAN-CARBONATE APATITE SCAFFOLD

PUTRI PRAMITA LARASATI, 021411131110 (2018) EKSPRESI FIBROBLAST GROWTH FACTORS-2 (FGF-2) PADA SEL OSTEOBLAS YANG DITANAM DALAM NANO CHITOSAN-CARBONATE APATITE SCAFFOLD. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (108kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 8 January 2021.

Download (2MB)

Abstract

Scaffold adalah media untuk sintesis matriks ekstraseluler dan menjadi tempat perlekatan dan pertumbuhan sel-sel baru. Beberapa bahan polimer, yang telah dikembangkan dalam rekayasa jaringan adalah chitosan. Chitosan baik digunakan pada rekayasa jaringan karena sifat biodegradable, biocompability, anti bakteri, untuk penyembuhan luka dan bersifat bioadesif. Bahan carbonate apatite digunakan sebagai bahan biokompatibel untuk tujuan medis. Kandungan carbonate apatite dapat memicu ikatan kimia antara biomaterial dan jaringan tulang yang dapat mempengaruhi pembentukan tulang. Biomaterial berstruktur nano secara signifikan meningkatkan fungsi sel yang mengarah ke peningkatan osteoinduktivitas dan oseointegrativitas. Sehingga berdasarkan penjelasan dan pengertian mengenai mekanisme dari hubungan antara proses regenerasi tulang dengan nano chitosan - carbonate apatite scaffold, sangat penting untuk meningkatkan metode untuk generasi selanjutnya dari scaffold yang dapat menunjukan efisiensi dan regenerasi tulang secara in vitro. Tujuan: Untuk mengetahui peningkatan ekspresi FGF-2 pada penanaman sel osteoblas dalam nano chitosan-carbonate apatite scaffold serta hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai refrensi pemilihan metode bone graft menggunakan nano chitosan-carbonate apatite scaffold. Metode: Penelitian eksperimental laboratoris dengan rancangan penelitian post test only group design pada 7 sampel, perlakuan penanaman sel osteoblas pada nano chitosan-carbonate apatite scaffold dengan waktu pengamatan pada hari ke-3, 5, dan 7 serta peningkatan ekspresi FGF-2 sel osteoblas diukur dengan metode Immunohistochemistry (IHC). Hasil dianalisis dengan uji statistik multiple comparison test uji Post Hoc dan Tukey. Hasil: Hasil menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan (p<0,05) antara kelompok perlakuan pada waktu pengamatan hari ke-3, 5 dan 7. Kesimpulan: Penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa terdapat peningkatan ekspresi FGF-2 pada penanaman sel osteoblas dalam nano chitosan-carbonate apatite scaffold mengalami peningkatan dalam waktu pengamatan hari ke-3, 5 dan 7.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK KG 253/17 Lar e
Uncontrolled Keywords: Nano chitosan-carbonate apatite scaffold, bone graft, FGF-2, sel osteoblas.
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi
Creators:
CreatorsNIM
PUTRI PRAMITA LARASATI, 021411131110UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDHanoem Eka H., drg., MS., Sp.Pros(K)UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 07 Jan 2018 23:35
Last Modified: 07 Jan 2018 23:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68819
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item