ANALISIS FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN SELF ACCEPTANCE PENDERITA HIV DAN AIDS DALAM KELOMPOK DUKUNGAN SEBAYA (KDS) BERDASARKAN TEORI HEALTH BELIEF MODEL

Anis Fauziah, 131311133116 (2018) ANALISIS FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN SELF ACCEPTANCE PENDERITA HIV DAN AIDS DALAM KELOMPOK DUKUNGAN SEBAYA (KDS) BERDASARKAN TEORI HEALTH BELIEF MODEL. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text (full text)
full text.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Masalah dalam kehidupan ODHA tidak hanya terkait dengan adanya stigma dan diskriminasi semata, namun juga terhadap penerimaan akan kondisi dirinya (self acceptance). Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan faktor yang berhubungan dengan self acceptance dalam Kelompok Dukungan Sebaya (KDS) berdasarkan teori Health Belief Model (HBM). Metode: Penelitian ini menggunakan desain deskriptif korelasional dengan pendekatan crosssectional. Jumlah responden sebanyak 43 orang yang didapatkan dari purposive sampling. Variabel dependen dalam penelitian ini self acceptance, dan variabel independen meliputi faktor pemodifikasi demografi yang meliputi usia, jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan, dukungan, dan pengetahuan serta persepsi individu dari teori HBM yang meliputi persepsi keseriusan, persepsi kerentanan, persepsi manfaat, dan persepsi hambatan. Data diambil melalui penyebaran instrument berupa kuisioner kemudian dianalisis secara deskriptif menggunakan uji regresi logistik dan pearson correlation. Hasil: Hasil analisis data hubungan dengan self acceptance diperoleh nilai ρ sebesar 0,014 untuk persepsi kerentanan dan nilai ρ sebesar 0,034 untuk persepsi manfaat yang berarti ada hubungan yang signifikan. Diskusi: Diharapkan untuk dilakukan penelitian terkait faktor yang meningkatkan self acceptance pada ODHA dan pengaruh kelompok dukungan sebaya terhadap ODHA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKP.N 184/17 Fau a
Uncontrolled Keywords: Penderita HIV dan AIDS, self acceptance, persepsi individu
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
Anis Fauziah, 131311133116UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPuwaningsih, , S.Kp., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 08 Jan 2018 22:39
Last Modified: 04 Sep 2018 09:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68843
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item