Efek Injeksi Subkutan Epigallocatechin-3-Gallate (EGCG) Terhadap Viabilitas Extended Random Skin Flap Tikus Wistar

Hastika Saraswati, dr. (2017) Efek Injeksi Subkutan Epigallocatechin-3-Gallate (EGCG) Terhadap Viabilitas Extended Random Skin Flap Tikus Wistar. Thesis thesis, Airlangga University.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_PPDS.BPRE.04 17 Sar e.pdf

Download (35kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_PPDS.BPRE.04 17 Sar e.pdf
Restricted to Registered users only until 10 January 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Skin flap banyak digunakan di bidang operasi plastik, namun flap nekrotik juga umum terjadi. Berdasarkan penelitian sebelumnya, Epigallocatechin-3-gallate (EGCG), polifenol utama dalam teh hijau, telah dikenal memiliki antikanker, antibakteri, antihiperglikemik, anti-inflamasi, analgesik, antioksidan, antifibrotik, dan peningkatan neovaskularisasi. Efek potensial ini dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan viabilitas flap. Tujuan: Membuktikan injeksi epigallocatechin-3-gallate (EGCG) subkutan dapat meningkatkan viabilitas extended random skin flap pada tikus wistar. Bahan dan Metode: Flap dielevasi pada punggung tikus dengan ukuran 1x4 cm kemudian dikembalikan ke posisi awalnya dan diberi film transparan di bed resipien. Ada 2 kelompok; Masing-masing kelompok terdiri dari 18 subjek. Kelompok 1 sebagai kontrol, tanpa perlakuan. Kelompok 2 diberi injeksi subkutan EGCG 40mg / kg / hari. Pada hari ke 5 dilakukan pengamatan bleeding point di 4 cm, 3cm, 2 cm, dan 1 cm dari pedikel. Juga dilakukan pengukuran luas survival area flap menggunakan visitrax kemudian pengambilan specimen untuk mengevaluasi jumlah kapiler dan imunohistokimia VEGF di bawah mikroskop. Hasil: Injeksi subkutan EGCG pada extended random skin flap meningkatkan bleeding point di area 2 dan 3 cm dari pedikel secara signifikan, meningkatkan persentase luas survical area flap, dan peningkatan jumlah kapiler secara histologis di daerah 1 dan 2 cm dari pedikel, dan meningkatkan ekspresi VEGF secara signifikan. Diskusi: Injeksi EGCG subkutan dapat meningkatkan bleeding point artinya meningkatkan blood flow sampe area 3 cm dari pedikel. Juga mempercepat neovaskularisasi sampai area 2 cm dari pedikel dibuktikan dari jumlah kapiler yang lebih banyak dan peningkatan ekspresi VEGF. Dengan peningkatan blood flow dan neovaskularisasi yang lebih cepat dapat meningkatkan viabilitas flap. Simpulan: Injeksi epigallocatechin-3-gallate (EGCG) subkutan dapat meningkatkan viabilitas extended random skin flap pada tikus wistar.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK PPDS.BPRE.04/17 Sar e
Uncontrolled Keywords: Epigallocatechin-3-Gallate, extended random skin flap, bleeding point, blood flow, survival area, viabilitas flap, neovaskularisasi, kapiler, VEGF, injeksi, subkutan
Subjects: R Medicine > R Medicine (General) > R5-130.5 General works
R Medicine > R Medicine (General) > R5-920 Medicine (General)
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik (Spesialis)
Creators:
CreatorsNIM
Hastika Saraswati, dr.UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSitti Rizaliyana, dr. SpBP-RE(K)UNSPECIFIED
Thesis advisorMagda Rosalina Hutagalung, dr. SpBP-RE(KKF)UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 10 Jan 2018 02:19
Last Modified: 10 Jan 2018 02:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68869
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item