Pengaruh Pemberian N-Acetylcystein Sebagai Antioksidan Peroral Terhadap Berkurangnya Kerusakan Jaringan Akibat Luka Bakar Listrik Pada Model Tikus

Betha Egih Riestiano, NIM01121824630333 (2017) Pengaruh Pemberian N-Acetylcystein Sebagai Antioksidan Peroral Terhadap Berkurangnya Kerusakan Jaringan Akibat Luka Bakar Listrik Pada Model Tikus. Thesis thesis, Airlangga University.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_PPDS.BPRE.05 17 Rie p.pdf

Download (184kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_PPDS.BPRE.05 17 Rie p.pdf
Restricted to Registered users only until 10 January 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar Belakang : Luka bakar listrik dapat mengakibatkan kerusakan berat pada struktur kulit bahkan pada struktur yang lebih dalam. Banyak pasien mengalami cedera permanen dan sequele. Sebagai antioksidan N-acetylcysteine (NAC) memiliki efek preventif dan terapetik terhadap kerusakan jaringan (hepatotoksisitas, nefrotoksisitas, dan gagal organ multipel) pada manusia, sehingga pada penelitian ini efeknya untuk menyelamatkan zona stasis dan rhabdomiolisis ekstensif akan diteliti. Tujuan : untuk mempelajari efek NAC peroral pada indikator kerusakan jaringan pada luka bakar listrik. Metode : Penelitian eksperimental dilakukan pada 36 tikus strain Wistar albino dibagi menjadi Kelompok Kontrol (n=18) dan Kelompok Perlakuan, yaitu kelompok luka bakar listrik tanpa pemberian NAC peroral dan kelompok luka bakar listrik dengan pemberian NAC peroral. Luas jaringan nekrotik dievaluasi secara planar dengan alat ukur luka digital. Spesimen darah dianalisis kadar serum creatine kinase(CK)nya sebagai marker adanya rhabdomiolisis. Kedua data diambil pada jam pertama dan pada hari ke – 7 setelah penyetruman. Hasil : Terdapat penurunan kerusakan jaringan signifikan pada hari ke -7, dilihat dari luas area nekrotik dan kadar serum CK pada Kelompok Perlakuan dibandingkan Kelompok kontrol (p=0,007). Kesimpulan : Pemberian terapi NAC peroral, secara bermakna mengurangi luas area nekrotik dan kerusakan jaringan yang terjadi pada luka bakar listrik. Diperlukan penelitian yang lebih lanjut untuk melihat efek jangka panjang dan lebih spesifik dari NAC.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK PPDS.BPRE.05/17 Rie p
Uncontrolled Keywords: N-acetylcystein, luka bakar listrik, nekrosis , creatine kinase
Subjects: R Medicine > R Medicine (General) > R5-130.5 General works
R Medicine > RC Internal medicine > RC109-216 Infectious and parasitic diseases
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik (Spesialis)
Creators:
CreatorsNIM
Betha Egih Riestiano, NIM01121824630333NIM01121824630333
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIswinarno Doso Saputro, Dr. dr. Sp.BP-RE(K)UNSPECIFIED
Thesis advisorLobredia Zarasade, dr. Sp.BP-RE(KKF)UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 10 Jan 2018 02:25
Last Modified: 10 Jan 2018 02:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68870
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item