PERUMUSAN LAYANAN TEKNOLOGI INFORMASI PADA PROGRAM STUDI S1 SISTEM INFORMASI UNIVERSITAS AIRLANGGA DENGAN MENGGUNAKAN ITIL DAN STRATEGY MANAGEMENT FOR IT SERVICE

EKA RACHMAWATI PUJIASTUTI, 081311633013 (2017) PERUMUSAN LAYANAN TEKNOLOGI INFORMASI PADA PROGRAM STUDI S1 SISTEM INFORMASI UNIVERSITAS AIRLANGGA DENGAN MENGGUNAKAN ITIL DAN STRATEGY MANAGEMENT FOR IT SERVICE. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_ST.SI.02 18 Puj p.pdf

Download (19kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_ST.SI.02 18 Puj p.pdf
Restricted to Registered users only until 15 January 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penggunaan teknologi informasi telah banyak digunakan instansi maupun organisasi dalam meningkatkan efektifitas dan efisiesi operasional bisnis yang mendukung tercapainya tujuan organisasi. Pemanfaatan teknologi informasi juga dilakukan oleh Program studi S1 Sistem Informasi Universitas Airlangga dalam meningkatkan kualitas layanan. Perumusan strategi layanan TI berdasarkan pada kerangka kerja ITIL V3 (Information Technology Infrastructure Library) yang difokuskan pada service strategy, yaitu pada proses strategy management for IT services. Proses tersebut dipilih kerena Prodi S1 Sistem Informasi masih belum mengoptimalkan prosedur ataupun panduan tentang layanan teknologi informasi, sehingga diperlukan adanya identifikasi layanan yang sesuai dengan kebutuhan Prodi S1 Sistem Informasi dan menghasilkan rumusan layanan yang sesuai untuk menunjang proses bisnis yang ada. Pada penelitian ini terdapat empat proses dalam merumuskan strategi layanan TI yaitu: strategic assessment, strategy generation, strategy execution dan measurement and evaluation. Strategic assessment merupakan proses untuk mengidentifikasi kondisi Prodi saat ini dengan menganalisis faktor internal dan eksternal sehingga diketahui kebutuhan layanan yang sesuai berdasarkan kondisi yang ada. Strategy generation merupakan proses mendefinisikan strategi layanan TI berdasarkan visi, misi dan tujuan Prodi sehingga strategi layanan TI yang dirumuskan dapat selaras dengan Prodi. Strategy execution merupakan proses dalam menentukan aktivitas layanan dan asset yang dibutuhkan. Proses terakhir yaitu measurement and evaluation adalah proses dalam memvalidasi usulan layanan TI dengan pihak eksekutif. Hasil akhir dari penelitian ini berupa dokumen manajemen yang berisi mengenai strategi layanan TI yang diverifikasi dan divalidasi oleh pihak terkait. Strategi layanan TI yang dirumuskan untuk membantu aktivitas yang ada di Prodi S1 Sistem Informasi ada enam strategi yaitu: membuat dan menerapakan tata kelola TI, sistem informasi ORMAWA, sistem informasi monitoring skripsi, sistem informasi beasiswa, sistem informasi penelitian dan pengmas, sistem informasi kepegawaian. Strategi yang dirumuskan diharapkan dapat menjadi solusi dalam menangani masalah yang ada.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.SI.02/18 Puj p
Uncontrolled Keywords: Manajemen layanan TI, ITIL, Service Strategy, Strategy Management for IT Service
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsNIM
EKA RACHMAWATI PUJIASTUTI, 081311633013UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBadrus Zaman, S.Kom., M.Cs.UNSPECIFIED
Thesis advisorIndra Kharisma Raharjana, S.Kom., MT.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 14 Jan 2018 22:16
Last Modified: 14 Jan 2018 22:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68951
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item