HUBUNGAN BUDAYA BERCERITA DI RUMAH DENGAN PERKEMBANGAN BAHASA PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK DHARMA WANITA PERSATUAN LAMONGAN

KUSDINAR WULANDINI, 110911117 (2017) HUBUNGAN BUDAYA BERCERITA DI RUMAH DENGAN PERKEMBANGAN BAHASA PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK DHARMA WANITA PERSATUAN LAMONGAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Psi.02 18 Wul h.pdf

Download (217kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Psi.02 18 Wul h.pdf
Restricted to Registered users only until 15 January 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan positif antara budaya bercerita di rumah dengan perkembangan bahasa pada anak pra-sekolah. Budaya bercerita adalah aktivitas berulang yang didalamnya mengandung interaksi antar individu, saling bertukar ide, nilai-nilai, dan gagasan yang diperoleh dari proses belajar sebelumnya (McDrury & Alterio, 2003). Perkembangan bahasa merupakan peningkatan pemahaman kebahasaan yang meliputi kosakata, tata bahasa, dan sintaksis (Papalia, dkk., 2004). Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif tipe eksplanatori, bertujuan untuk menjelaskan hubungan antar variabel penelitian melalui uji hipotesis dengan teknik korelasi. Variabel yang digunakan dalam penelitian terdiri dari budaya bercerita di rumah (X) dan variabel perkembangan bahasa (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun TK Dharma Wanita Persatuan Lamongan. Teknik sampling menggunakan non-probability sampling,dengan jumlah sampel 40. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner untuk variabel budaya bercerita di rumah dan DDST II untuk variabel perkembangan bahasa. Analisis data menggunakan teknik Spearman’s Rho dengan bantuan program IBM Statistic SPSS 20. Dari hasil analisis diperoleh taraf signifikansi 0,912 yang memiliki arti Ho diterima, menandakan tidak adanya hubungan antara budaya bercerita di rumah dengan perkembangan bahasa pada anak pra-sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Psi.02/18 Wul h
Uncontrolled Keywords: budaya bercerita, perkembangan bahasa, anak pra-sekolah Daftar Pustaka 37, (1979 – 2016)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF721-723 Child Psychology
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101-410 Language. Linguistic theory. Comparative grammar
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
KUSDINAR WULANDINI, 110911117UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRudi Cahyono, M.Psi., Psikolog.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 15 Jan 2018 01:29
Last Modified: 15 Jan 2018 01:29
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68968
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item