PENGARUH PEMBERIAN PROBIOTIK KOMERSIAL PADA PAKAN TERHADAP RETENSI PROTEIN DAN RETENSI LEMAK UDANG VANAME (Litopenaeus vannamei)

WAHYU WISWA WARDHANI, 141111031 (2017) PENGARUH PEMBERIAN PROBIOTIK KOMERSIAL PADA PAKAN TERHADAP RETENSI PROTEIN DAN RETENSI LEMAK UDANG VANAME (Litopenaeus vannamei). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
SKRISI WAHYU WISWA WARDHAN Abstrak.pdf

Download (673kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
SKRISI WAHYU WISWA WARDHANI-141111031.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Udang vaname merupakan spesies introduksi berasal dari perairan Amerika Tengah yang banyak diminati karena memiliki keunggulan pertumbuhan cepat yaitu masa pemeliharaan 100-110 hari. Perkembangan budidaya udang yang semakin pesat menyebabkan turunnya mutu lingkungan budidaya disebabkan oleh akumulasi limbah pakan, feses, serta sisa moulting yang telah berjalan dalam waktu yang lama sehingga menyebabkan produksi udang menurun. Penambahan probiotik menjadi solusi internal untuk menghasilkan pertumbuhan optimal, efisiensi pakan optimal dan mengurangi akumulasi limbah di perairan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pemberian probiotik komersial terhadap retensi protein dan retensi lemak pada udang vaname (Litopenaeus vannamei). Metode penelitian adalah eksperimental dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Perlakuan yang digunakan adalah pemberian probiotik pada pakan yaitu, pakan tanpa probiotik (kontrol); pakan+probiotik A (5 ml/kg, 10 ml/kg, 15 ml/kg); pakan+probiotik B (5 mg/kg, 10 mg/kg, 15 mg/kg); pakan+probiotik C (5 ml/kg, 10 ml/kg, 15 ml/kg) dengan 3 ulangan. Parameter yang diamati adalah retensi protein dan retensi lemak serta kualitas air sebagai parameter penunjang. Analisis data menggunakan Analisis Ragam (ANOVA) dan dilanjutkan dengan uji jarak berganda Duncan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian probiotik komersial pada pakan berpengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap retensi protein dan retensi lemak udang vaname (Litopenaeus vannamei). Retensi protein tertinggi terdapat pada P9 (C 15 ml/kg) dan retensi lemak tertinggi terdapat pada P0 (kontrol).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK.BP. 07/16 War p
Uncontrolled Keywords: Retensi Protein, Retensi Lemak, Udang Vaname,Litopenaeus vannamei
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
S Agriculture > SF Animal culture > SF411-459 Pets > SF456-458.83 Fishes. Aquariums
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsNIM
WAHYU WISWA WARDHANI, 141111031UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMuhammad Arief, Ir., M.Kes.UNSPECIFIED
Thesis advisorWoro Hastuti Satyantini, Dr. , Ir., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: mat sjafi'i
Date Deposited: 17 Jan 2018 17:06
Last Modified: 02 May 2018 17:07
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/69069
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item