DAYA CERNA BAHAN KERING DAN SERAT KASAR HASIL PROSES KOMBINASI AMONIASI DAN FERMENTASI KULIT BUAH COKLAT DAN AMPAS TEBU MENGGUNAKAN RAGI TAPE SECARA IN SITU

YENI ANDARl, 069111765 (1997) DAYA CERNA BAHAN KERING DAN SERAT KASAR HASIL PROSES KOMBINASI AMONIASI DAN FERMENTASI KULIT BUAH COKLAT DAN AMPAS TEBU MENGGUNAKAN RAGI TAPE SECARA IN SITU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KKC KK KH 1126.98 And d.pdf

Download (170kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji daya cerna bahan kering dan daya cerna serat kasar kulit buah coklat dan ampas tebu yang diolah secara proses kombinasi amoniasi dan fermentasi menggunakan ragi tape secara in situ. Empat macam perlakuan dalam penelitian ini adalah : kuht buah coklat yang diolah secara proses kombinasi amoniasi dan fermentasi tanpa menggunakan ragi tape (Pt), kuht buah coklat yang diolah secara proses kombinasi amoniasi dan fennentasi menggunakan ragi tape (P2), ampas tebu yang diolah secara proses kombinasi amoniasi dan fermentasi tanpa menggunakan ragi tape (P3) dan ampas tebu yang diolah secara proses kombinasi amoniasi dan fennentasi menggunakan ragi tape (P4). Masing-masing sampel kulit buah coklat dan ampas tebu yang telah diolah secara proses kombinasi amoniasi dan fermentasi baik dengan atau tanpa ragi tape diinkubasi dalam rumen domba yang berfislula selama 48 jam. Residu yang didapat dianalisis terhadap kandungan bahan kering dan serat kasar untuk menghitung daya cerna bahan kering dan daya cerna serat kasar. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (Complelly Randomized Design) yang terbagi menjadi empat perlakuan dengan lima ulangan. Data dianalisis menggunakan Sidik Ragam yang dilanjutkan dengan Uji Jarak Berganda Duncan's dengan tingkat signiflkansi 5%. Hasil analisis kuHt buah coklat yang diolah secara proses kombinasi amoniasi dan fermentasi menggunakan ragi tape tidak meningkatkan secara nyata (p>O,05) daya cerna bahan kering kulit buah coklat dan daya cerna bahan kering ampas tebu. Pengolahan secara proses kombinasi amoniasi dan fermentasi menggunakan ragi tape meningkatkan secara nyata (p<O,05) daya cerna serat kasar kulit buah coklat tetapi tidak meningkatkan secara nyata (p>O,05) daya cerna serat kasar ampas tebu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK KH 1126.98 AND D
Uncontrolled Keywords: AMONIASI. FERMENTASI, DAYA CERNA, RAGI TAPE, IN SITU
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsNIM
YENI ANDARl, 069111765UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorROMZIAH SIDIK B, Ph.D., Drh.UNSPECIFIED
Thesis advisorSARMANU, DR., M.S., Drh.UNSPECIFIED
Depositing User: Ny Wahyuni -
Date Deposited: 17 Jan 2018 20:18
Last Modified: 17 Jan 2018 20:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/69086
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item