PENGARUH PENAMBAHAN ANTIOKSIDAN CAMPURAN BHA-ASAM SITRAT DALAM BERBAGAI KOMPOSISI PADA PENENTUAN ANGKA PEROKSIDA DALAM MINYAK KELAPA

NURUL HIDAYATI, 089210946 (1997) PENGARUH PENAMBAHAN ANTIOKSIDAN CAMPURAN BHA-ASAM SITRAT DALAM BERBAGAI KOMPOSISI PADA PENENTUAN ANGKA PEROKSIDA DALAM MINYAK KELAPA. Skripsi thesis, AIRLANGGA UNIVERSITY.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KKC KK MPK 14.97 Hid p.pdf

Download (146kB) | Preview
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Telah dilakukan penelitian pengaruh campuran antioksidan BHA dan asam sitrat dengan berbagai komposisi terhadap angka peroksida dalam minyak kelapa. Adapun tujuan dari penelitian Ini adalah untuk mengetahui pengaruh campuran antioksidan BHA dan asam sltrat dengan berbagai komposisi terhadap angka peroksida dalam minyak kelapa dibandngkan dengan minyak yang tidak diberi antioksidan, dan komposisi campuran BHA banding asam sitrat berapa yang memiliki potensi terbesar agar diperoleh angka perokslda terked dalam waktu penylmpanan yang sama. Penentuan kadar peroksida dalam minyak kelapa dilakukan secara titras dan angka peroksida dinyatakan dalam banyaknya mg oksigen tiap 100 gram minyak. Hasil yang diperoleh dari penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang nyata antara minyak yang diberi campuran antioksidan BHA-asam sltrat dengan minyak yang tidak diberi antioksidan. Juga didapat adanya ion-ion logam berat dalam minyak yaitu Fe dan CU masing-masing sebesar 2.0184 dan 0.1232 (ppm) yang merupakan pro-oksidan kuat untuk menlngkatkan kerusakan minyak. Perbandlngan BHA-asam sitrat sebesar 3:1 memberikan rata-rata angka peroksida terkecil untuk waktu penyimpanan yang sama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPK 14.97 HID P
Uncontrolled Keywords: ANTIOKSIDAN, MINYAK KELAPA
Subjects: Q Science > QR Microbiology > QR180 Immunology
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia
Creators:
CreatorsNIM
NURUL HIDAYATI, 089210946UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorUSREG SRI H, Dra., M.S.UNSPECIFIED
Thesis advisorYUSUF SYAH, Drs., M.S.UNSPECIFIED
Depositing User: Ny Wahyuni -
Date Deposited: 18 Jan 2018 01:46
Last Modified: 18 Jan 2018 01:46
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/69101
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item