WOMEN OBJECTIFICATION IN AUSTEN AND GRAHAMESMITH’S PRIDE AND PREJUDICE AND ZOMBIES: THE GRAPHIC NOVEL

CINDY BELINDA RAMADHANTY, 121411233022 (2018) WOMEN OBJECTIFICATION IN AUSTEN AND GRAHAMESMITH’S PRIDE AND PREJUDICE AND ZOMBIES: THE GRAPHIC NOVEL. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
FS.BE 11-18 Ram w ABSTRAK.pdf

Download (59kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FS.BE 11-18 Ram w SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 19 January 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berhubungan dengan objektifikasi perempuan, khususnya terhadap tokoh-tokoh perempuan seperti Elizabeth Bennet, Lydia Bennet, dan Charlotte Lucas, dalam Pride and Prejudice and Zombies: The Graphic Novel (2010), sebuah novel grafis yang diadaptasi dari novel kombinasi yang ditulis oleh penulis Inggris Jane Austen dan penulis naskah Amerika Seth Grahame-Smith. Menggunakan teori objektifikasi dari Nussbaum, juga tiga fitur tambahan dari Langton, penelitian ini bertujuan untuk meneliti bagaimana objektifikasi perempuan digambarkan di novel grafis tersebut dan bagaimana respon perempuan-perempuan yang terobjektifikasi terhadap objektifikasi itu sendiri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, juga pendekatan kognitif dalam mengartikan makna melalui isyarat yang diberikan dalam novel grafis, seperti dari penekanan huruf dalam speech bubbles, ekspresi wajah dari para tokoh, serta dominasi antara latar belakang dan latar depan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa perempuan yang lemah serta bergantung terhadap orang lain dapat diobjektifikasi oleh laki-laki karena mereka berpikir bahwa perempuan tersebut berada pada suatu posisi yang jauh di bawah mereka; perempuan membutuhkan laki-laki sebagai penyokong finansial dan mental mereka dalam melanjutkan kehidupan mereka. Namun, bagi perempuan yang mandiri serta kuat secara finansial dan mental, mereka dapat menolak objektifikasi tersebut karena mereka dapat membela harga diri serta martabat mereka ketika diperlakukan sebagai sebuah objek oleh laki-laki.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK FS.BE 11/18 Ram w
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ1101-2030.7 Women. Feminism
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Creators:
CreatorsNIM
CINDY BELINDA RAMADHANTY, 121411233022UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTitien Diah Soelistyarini, M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 18 Jan 2018 23:30
Last Modified: 18 Jan 2018 23:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/69127
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item