THE PORTRAYAL OF HYPERREALITY IN JAMES DASHNER’S THE EYE OF MINDS

ALANA AMORETTA, 121311233050 (2018) THE PORTRAYAL OF HYPERREALITY IN JAMES DASHNER’S THE EYE OF MINDS. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
FS.BE 15-18 Amo p ABSTRAK.pdf

Download (373kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FS.BE 15-18 Amo p SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 22 January 2021.

Download (864kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini membahas tentang bagaimana hiperrealitas digambarkan pada karya novel The Eye of Minds oleh James Dashner. Novel ini bercerita tentang Michael yang kecanduan dengan permainan realitas virtual. Dia suka menghabiskan waktunya untuk berada di the Coffin, sebuah perantara canggih yang menghubungkan antara dunia nyata dan permainan. The Coffin memberikan sensasi yang nyata selama bermain di dalam permainan. Di dalam dunia permainan, mereka bisa memilih untuk menjadi apa saja tanpa memikirkan peraturan. Michael memilih untuk menjadi seorang pemimpin. Peneliti tertarik untuk menganalisis tentang karakter Michael sebagai pemimpin dan dunia permainan terhadap dunia nyata. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teori yang digunakan adalah teori hiperrealitas oleh Jean Baudrillard beserta proses simulasi dan simulakra. Hasil penelitian menunjukkan bahwa the Coffin, perantara antara para pemain terhadap dunia permainan, adalah simulasi. Perantara tersebut memproses bagaimana realitas dan buatan menjadi kabur. Simulakranya adalah permainan itu sendiri. Permainan realias virtual ini bukan lagi sebuah representasi melainkan sebuah duplikat tanpa referensi aslinya. Hiperrealitasnya adalah ketika karater Michael sebagai pemimpin di dunia permainan dibawanya ke dalam dunia nyata. Dia tidak bisa membedakan antara realitas dan buatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS.BE 15/18 Amo p
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics > BJ1518-1697 Individual Ethics, Character, Virtue (including practical and applied ethics, conduct of life, success)
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Creators:
CreatorsNIM
ALANA AMORETTA, 121311233050UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSumitro, Drs., M.M.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 21 Jan 2018 19:01
Last Modified: 21 Jan 2018 19:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/69165
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item