EFEKTIFITAS PERMAINAN BOARD GAME (OTHELLO) TERHADAP PENINGKATAN FUNGSI KOGNITIF (ORIENTASI) PADA LANSIA DI PANTI GRIYA WERDHA SURABAYA

KUMALA SARI MAKATITA, 131511123054 (2018) EFEKTIFITAS PERMAINAN BOARD GAME (OTHELLO) TERHADAP PENINGKATAN FUNGSI KOGNITIF (ORIENTASI) PADA LANSIA DI PANTI GRIYA WERDHA SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (254kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 22 January 2021.

Download (2MB)

Abstract

Pendahuluan : Masalah kesehatan utama yang terjadi dikalangan lanjut usia adalah adanya kemunduran fungsi kognitif. Upaya untuk menanggulangi masalah tersebut yaitu dengan melakukan aktivitas kognitif, melakukan kegiatan yang melibatkan fungsi berfikir seperti bermain board game (Othello). Tujuan penelitian ini adalah menganalisa efektifitas dari permainan Board Game (Othello) terhadap peningkatan fungsi kognitif pada lansia. Metode : Desain penelitian yang digunakan adalah quasy-experiment. Populasi penelitian ini adalah semua lansia di Griya Werdha Surabaya yang berjumlah 76 orang. Total sampel adalah 24 orang yang memenuhi kriteria inklusi. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Variabel independen adalah permainan board game (Othello), variabel dependen adalah fungsi kognitif. Kuisioner yang digunakan adalah Mini Mental State Examination (MMSE). Analisis data menggunakan uji Independent T-test dan Pair T-test dengan tingkat signifikansi α ≤0,05. Hasil : Hasil penelitian diperoleh nilai p=0,004 yang artinya terdapat perbedaan nilai kognitif yang signifikan antara kelompok perlakuan dan kelompok kontrol. Hasil analisis Pair T-test diperoleh nilai p=0,000. Diskusi : terdapat perbedaan nilai kognitif yang sangat signifikan saat pretest dan posttest pada kelompok perlakuan. Hal ini berarti permainan board game (Othello) efektif terhadap peningkatan fungsi kognitif lansia. Kesimpulan yang diperoleh adalah permainan board game (Othello) efektif dalam meningkatkan kognitif lansia. Peneliti selanjutnya dapat membandingkan efektifitas antara permainan modern yang baru dengan permainan tradisional terhadap peningkatan fungsi kognitif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKP.N 04/18 Mak e
Uncontrolled Keywords: Kognitif, Othello, Demensia
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
KUMALA SARI MAKATITA, 131511123054UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHarmayetty, S.Kp.,M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 21 Jan 2018 19:13
Last Modified: 21 Jan 2018 19:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/69175
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item