ANXIETY MANAGEMENT: MENDENGARKAN MURROTAL TERHADAP TINGKAT KECEMASAN PASIEN PRE-OPERASI CLOSED FRACTURE DI RS PHC SURABAYA

MUHAMMAD ALI MACHRUS, 131511123066 (2018) ANXIETY MANAGEMENT: MENDENGARKAN MURROTAL TERHADAP TINGKAT KECEMASAN PASIEN PRE-OPERASI CLOSED FRACTURE DI RS PHC SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (286kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 22 January 2021.

Download (1MB)

Abstract

Pendahuluan: Mendengarkan murrotal merupakan salah satu intervensi non konvensional dalam menurunkan kecemasan pasien pre-operasi closed frakture karena dengan mendengarkan murrotal selama beberapa menit atau jam sehingga memberikan dampak positif bagi tubuh seseorang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui anxiety management: mendengarkan murrotal terhadap tingkat kecemasan pasien pre-operasi closed fracture. Metode: Penelitian ini menggunakan quasi-experimental pretest-posttest with two group design. Total sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 20 pasien closed fracture yang ditentukan berdasarkan kriteria inklusi. Analisis menggunakan Wilcoxon Signed Ranks Test dan Mann-Whitney U Test. Variabel independen adalah mendengarkan murrotal dan variabel independen adalah tingkat kecemasan. Hasil: Uji Wilcoxon menunjukkan terdapat perbedaan tingkat kecemasan kelompok perlakuan (p=0,005), tidak terdapat perbedaan tingkat kecemasan pada kelompok kontrol (p=0,059). Uji Mann-Whitney menunjukkan terdapat perbedaan pada kelompok perlakuan dan kontrol (p=0,000). Diskusi: Mendengarkan murrotal dapat memberikan dampak positif, karena dapat menurunkan ketengangan dan perasaan rileks yang dapat menurunkan kecemasan. Perawat dapat memberikan intervensi mendengarkan murrotal pada pasien pre-operasi untuk menurunkan tingkat kecemasan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKP.N 06/18 Mac a
Uncontrolled Keywords: Kecemasan, Murrotal, Closed Fracture, Anxiety Management
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
MUHAMMAD ALI MACHRUS, 131511123066UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHanik Endang Nihayati.,, Dr. S. Kep., Ns., M. Kep.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 21 Jan 2018 19:19
Last Modified: 21 Jan 2018 19:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/69180
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item