THE SHIFTING IDENTITIES OF KOREAN LOVERS SURABAYA COMMUNITY’S (KLOSS) MEMBERS ON THE FACEBOOK PLATFORM

NELLA SETYA RAHWENI, 121311233016 (2018) THE SHIFTING IDENTITIES OF KOREAN LOVERS SURABAYA COMMUNITY’S (KLOSS) MEMBERS ON THE FACEBOOK PLATFORM. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
FS.BE 18-18 Rah s ABSTRAK.pdf

Download (169kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FS.BE 18-18 Rah s SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 22 January 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sejak Korean Wave yang membawa budaya Korea, diperkenalkan di Indonesia, masyarakat Indonesia cenderung memiliki pandangan yang positif terhadap dampak dari Korean Wave. Selama perkembangan Korean Wave tersebut meluas, budaya Korea menjadi salah satu hal yang digemari oleh masyarakat Indonesia yang kemudian memunculkan suatu fandom baru dari budaya tersebut yang bernama Korean Lovers. Di Surabaya, terdapat suatu komunitas tersendiri untuk fandom tersebut yang pertama kali didirikan melalui media Facebook, yang diberi nama Korean Lovers Surabaya Community (KLOSS). Melalui beberapa observasi, ditemukan bahwa terdapat perubahan identitas pada identitas online para anggota KLOSS yang ditunjukkan melalui akun-akun Facebook mereka. Sejak mereka terpengaruh oleh budaya Korea, tidak hanya ketertarikan dan gaya hidup mereka yang berubah, namun identitas mereka juga juga berubah. Dengan menggunakan teori Self-Identity, penelitian menunjukkan bahwa perubahan identitas pada para anggota KLOSS di Facebook terjadi karena adanya perubahan keadaan pada masyarakat Indonesia yang mempengaruhi pada pola konsumsi mereka terhadap trend budaya-budaya populer asing di Indonesia. Hal ini dipengaruhi oleh adanya globalisasi dan dominasi popularitas budaya populer asing di Indonesia yang menjadi trend masa kini. Dalam membentuk identitas online tersebut, identitas online para informan menunjukkan bahwa mereka mempunyai proses perubahan identitas yang signifikan melalui praktek-praktek budaya mereka pada akun Facebook mereka sebelum dan sesudah mereka mengenal budaya populer Korea. Oleh karena itulah, konstruksi identitas online mereka di Facebook menjadi berubah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS.BE 18/18 Rah s
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM621-656 Culture
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Creators:
CreatorsNIM
NELLA SETYA RAHWENI, 121311233016UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPujo Sakti Nur Cahyo, M.Hum.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 21 Jan 2018 20:16
Last Modified: 21 Jan 2018 20:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/69185
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item