AGUS PURWOSANTOSO, 089010791
(1995)
ANTRIAN KELOMPOK.
Skripsi thesis, Airlangga University.
Abstract
Sejauh ini sudah dikenal dan dipelajari antrian dengan ide bahwa kedatangan dan pelayanan secara tunggal. Yang berarti bahwa, objek-objek yang datang pada suatu sistem antrian (kedatangan) diasumsikan secara satu per satu (tunggal) dan pelayanan yang dilakukan terhadap objek yang masuk ke antrian juga merupakan pelayanan secara tunggal. Tetapi banyak pula aktivitas antrian yang tidak memenuhi asumsi atau aturan pada sistem antrian secara tunggal tersebut. Objek-objek yang datang pada suatu sistem antrian ada yang secara tunggal tapi tak jarang pula dua objek atau tiga objek atau k objek datang secara bersamaan. Hal in i dapat diperhatikan pada orang (objek) yang datang ke suatu loket pembayaran rekening telpon/listrik dan lain sebagainya.Demikian juga banyak aktivitas pelayanan yang tidak secara satu per satu dilayani, tetapi sejumlah objek tertentu dilayani bersama. Hisalkan pelayanan pada tempat service sepeda motor yang memiliki sejumlah pegawai yang dapat melayani pelanggan sesuai jumlah pegawai tersebut secara sekaligus atau pelayanan pada sebuah lift dengan sejumlah orang tertentu dilayani bersama.
Actions (login required)
|
View Item |