PENERAPAN TATA LETAK PROSES PRODUKSI PADA PENGALENGAN RAJUNGAN (Portunus pelagicus) DI PT. SUMBER MINA BAHARI REMBANG, JAWA TENGAH

NICO FATKHURROZI SYAH, 141411131053 (2018) PENERAPAN TATA LETAK PROSES PRODUKSI PADA PENGALENGAN RAJUNGAN (Portunus pelagicus) DI PT. SUMBER MINA BAHARI REMBANG, JAWA TENGAH. Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
PKL.PK.BP 09-18 Sya p ABSTRAK.pdf

Download (87kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
PKL.PK.BP 09-18 Sya p LAPORAN PKL.pdf
Restricted to Registered users only until 30 January 2021.

Download (907kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Rajungan merupakan salah satu komoditas ekspor perikanan Indonesia. Rajungan umumnya diekspor dalam bentuk kaleng. Tujuan dari PKL ini adalah untuk mengatahui tata letak proses produksi, mengetahui aliran bahan, dan mengetahui permasalahan yang ada pada penerapan sistem tata letak. Praktek Kerja Lapang ini dilaksanakan pada tanggal 23 januari-21 Februari 2017 di PT. Sumber Mina Bahari Rembang, Jawa Timur. Data yang diambil terdiri data primer dan sekunder yang akan diolah secara deskriptif. Teknik pengambilan data meliputi observasi, wawancara dan partisipasi aktif. PT. Sumber Mina Bahari merupakan salah satu perusahaan eksportir daging rajungan kaleng yang sudah menerapkan tata letak produksi dengan baik. Penerapan tata letak di PT. Sumber Mina Bahari adalah tata letak fasilitas berdasarkan aliran produksi (production line product atau product layout). Tata letak fasilitas berdasarkan aliran produksi adalah penyusunan letak fasilitas produksi yang diletakkan berdasarkan urutan proses produksi dari bahan baku sampai barang jadi. Aliran bahan yang ditetapkan di PT. Sumber Mina Bahari adalah aliran bahan bentuk lurus yaitu bahan mengalir secara halus tanpa adanya proses menunggu dan membentuk garis lurus yang dimulai dari titik awal produksi hingga menjadi produk.Kelemahan tata letak di PT. Sumber Mina Bahari terdapat pada ruang sortasi yang terbagi menjadi dua bagian yaitu pada bagian barat ruang sortasi dan bagian tengah ruang sortasi sehingga memperlambat proses produksi. Saran dari permasalahan tata letak tersebut adalah memperbaiki bagian receiving di pindah pada bagian paling barat ruang produksi sehingga produktivitasnya dapat di tingkatkan.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK PKL.PK.BP 09/18 Sya p
Subjects: Q Science > QL Zoology > QL614-639.8 Fishes
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Manajemen Kesehatan Ikan & Budidaya Perikanan
Creators:
CreatorsNIM
NICO FATKHURROZI SYAH, 141411131053UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHERU PRAMONO, S.Pi., M.Biotech.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 29 Jan 2018 17:58
Last Modified: 29 Jan 2018 22:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/69354
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item