APLIKASI BUSINESS MODEL CANVAS PADA USAHA PERKEBUNAN KOPI RAKYAT, KECAMATAN KALIBARU, KABUPATEN BANYUWANGI, JAWA TIMUR

RICO ADRIANTO WINARKO, 041311233196 (2018) APLIKASI BUSINESS MODEL CANVAS PADA USAHA PERKEBUNAN KOPI RAKYAT, KECAMATAN KALIBARU, KABUPATEN BANYUWANGI, JAWA TIMUR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
B. 19-18 Win a Abstrak.pdf

Download (98kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
B. 19-18 Win a.pdf
Restricted to Registered users only until 31 January 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Indonesia merupakan Negara dengan produksi biji kopi terbesar keempat di dunia, dan sistem perkebunan kopi di Indonesia 96,19% adalah perkebunan milik rakyat. Perkebunan rakyat memegang peranan penting dalam menyumbang pendapatan Negara jika dikelola dengan tepat. Penelitian ini merupakan sebuah studi analisis mengenai model bisnis perkebunan kopi rakyat di Kecamatan Kalibaru, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur dengan pendekatan Business Model Canvas yang terdiri dari 9 blok bangunan: value propositions, channels, customer relationships, customer segments, revenue streams, key resources, key activities, key partners, cost structure. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif eksploratif. Value propostion berupa kualitas biji kopi yang terstandarisasi, rendemen kopi yang baik serta kuantitas produksi yang tinggi menjadi kekuatan utama menghadapi kompetitor. Setelah dilakukan evaluasi, ditemukan bahwa model bisnis perkebunan ini bersifat Long Tail yang berfokus pada penawaran sejumlah besar produk ceruk berupa biji kopi robusta sebanyak 3524,15 ton per masa panen dan terus bertambah setiap tahunnya. Total penjualan produk ceruk tersebut dapat sama menguntungkannya dengan model konvensional karena berperan besar terhadap mayoritas pendapatan dari komoditas lain di wilayah yang sama. Selain itu Secara keseluruhan konsep model bisnis perkebunan kopi rakyat Kalibaru diilustrasikan mengandalkan Customer-driven, di mana inovasi model bisnis didasari akan adanya kebutuhan pelanggan melalui sembilan blok bangunan dan hal tersebut menunjukkan dasar pemikiran bagaimana pemangku kepentingan berniat untuk membuat keputusan strategis demi menghasilkan laba dari perkebunan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B. 19-18 Win a
Uncontrolled Keywords: Model Bisnis, Business Model Canvas, Pusat Inovasi Bisnis, Inovasi Model Bisnis
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
RICO ADRIANTO WINARKO, 041311233196UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPuspandam Katias, Drs., MM.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 30 Jan 2018 19:59
Last Modified: 01 Mar 2018 21:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/69381
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item