HUBUNGAN ACTIVATOR DAN CONSEQUENCE DENGAN KEPATUHAN PENERAPAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) ( Studi Pada Pekerja Pemeliharaan Alat Berat di PT. Kasana Teknindo Gemilang-Surabaya)

SONYA MELYNDA PUSPITA ELLYANA, 101511123025 (2018) HUBUNGAN ACTIVATOR DAN CONSEQUENCE DENGAN KEPATUHAN PENERAPAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) ( Studi Pada Pekerja Pemeliharaan Alat Berat di PT. Kasana Teknindo Gemilang-Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak 28 18.pdf

Download (191kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
fkm 28 18.pdf
Restricted to Registered users only until 7 February 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

PT. Kasana Teknindo Gemilang adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang distributor alat berat. Menurut hasil wawancara pendahuluan menunjukkan bahwa kasus kecelakaan kerja di perusahaan sering terjadi disebabkan oleh perilaku tidak patuh menerapkan standar operasional prosedur pada pekerja pemeliharaan alat berat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa hubungan activator dan consequence dengan kepatuhan penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) pada pekerja pemeliharaan alat berat di PT Kasana Teknindo Gemilang Surabaya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian observasional dengan rancangan penelitian cross-sectional. Populasi penelitian adalah seluruh pekerja di unit mekanik alat berat di PT Kasana Teknindo Gemilang Surabaya. Sample penelitian adalah total populasi sebanyak 9 orang pekerja. Variabel yang diteliti dalam penelitian adalah activator (pengetahuan, peraturan, ketersedian SOP pemeliharaan Alat berat (Forklift), Pengawasan, dan pelatihan), behavior, dan consequence (penguatan positif, penguatan negatif, dan hukuman). Data didapatkan dari hasil wawancara dengan supervisor, pengisian kuesioner, dan observasi secara langsung kepada pekerja. Data yang didapat kemudian dianalisis dan disajikan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 66,67 % pekerja memiliki pengetahuan baik; seluruh pekerja mengetahui adanya peraturan kewajiban penerapan SOP dan Tersedianya SOP pemeliharaan alat berat (Forklift) di perusahaan; 44,45% pekerja memiliki pengawasan kategori baik. Dan 66.67% pekerja pernah mengikuti pelatihan yang diberikan perusahaan; 55,6% pekerja belum pernah mendapat penguatan Positif. 66,7% pekerja belum pernah mendapatkan penguatan negatif. dan 77,8% belum pernah mendapat hukuman. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah perilaku patuh menerapkan SOP pada pekerja pemeliharaan alat berat di PT. Kasana Teknindo Gemilang Surabaya didasari oleh adanya activator dan consequence. faktor activator yang memiliki hubungan kuat dengan kepatuhan penerapan SOP yaitu pengetahuan, pengawasan dan pelatihan sedangkan faktor consequance yang memiliki hubungan kuat dengan kepatuhan penerapan SOP yaitu penguatan positif dan penguatan negatif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 28 18 Ell h
Uncontrolled Keywords: SOP. Activator, Consequance
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
SONYA MELYNDA PUSPITA ELLYANA, 101511123025UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIndriati Paskarin, i, S.H., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 06 Feb 2018 19:18
Last Modified: 21 Feb 2018 18:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/69477
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item