EXECUTIVE PREVIEW DALAM PEMBENTUKAN PERATURAN DAERAH YANG BERKUALITAS

ALMAS SIDDA BAHIYA, 031411131029 (2018) EXECUTIVE PREVIEW DALAM PEMBENTUKAN PERATURAN DAERAH YANG BERKUALITAS. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (300kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 8 February 2021.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian dengan judul “Executive Preview dalam Pembentukan Peraturan Daerah yang Berkualitas” ini dilatar belakangi adanya fakta bahwa banyak peraturan daerah yang dibatalkan setelah diundangkan. Setidaknya terdapat 3.041 peraturan daerah yang dibatalkan pada tahun 2016. Pembatalan terhadap peraturan daerah dapat diminimalisir apabila materi muatan peraturan daerah sebelum diundangkan dilakukan upaya preventif dengan diuji oleh lembaga eksekutif. Mekanisme preventif melalui pengujian oleh lembaga eksekutif yakni Executive Preview. Mekanisme ini sebenarnya telah ada namun tidak dilakukan terhadap semua jenis rancangan peraturan daerah. Penelitian ini dilandasi adanya kewenangan pemerintah untuk mengawasi proses pembentukan peraturan pada daerah otonom akibat adanya sistem desentralisasi pada negara kesatuan. Penelitian ini menitik beratkan pada konsistensi pemerintah untuk mewujudkan proses pembentukan aturan yang baik dengan tujuan terbentuknya aturan yang berkualitas. Tujuan penelitian ini, guna mengetahui esensi penerapan Executive Preview dalam pembentukan peraturan daerah yang berkualitas. Tipe penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum doktrinal, dengan mengunakan berbagai pendekatan yakrvni Statute Approach, Conceptual Approach, Comparative Approach serta Case Approach. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa kedudukan Executive Preview setara dengan Executive Review namun dengan beberapa catatan. Kesimpulan lainnya dalam penelitian ini yakni proses Executive Preview dapat mendorong terbentuknya peraturan daerah yang berkualitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK FH 47/18 Bah e
Uncontrolled Keywords: Pembentukan peraturan daerah, Peraturan daerah berkualitas, Executive Preview, Evaluasi, pengawasan berjenjang dalam sistem desentralisasi pada negara kesatuan
Subjects: K Law
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsNIM
ALMAS SIDDA BAHIYA, 031411131029UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDwi Rahayu K, S.H.,M.AUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 07 Feb 2018 20:07
Last Modified: 07 Feb 2018 20:07
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/69543
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item