PEMBATASAN POTENTIAL LOSS DALAM INVESTOR-STATE DISPUTE SETTLEMENT (ISDS)

FITRI NUR AMALIA, 031411131006 (2018) PEMBATASAN POTENTIAL LOSS DALAM INVESTOR-STATE DISPUTE SETTLEMENT (ISDS). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (115kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 12 February 2021.

Download (2MB)

Abstract

Kegiatan investasi asing sangat memajukan perekonomian negara, dan didukung dengan adanya potensi alam dari negara penerima akan meningkatkan daya tarik bagi investor asing. Namun tak jarang dalam kegiatan investasi timbul sengketa antara negara penerima dan investor asing, dalam hal ini sengketa pada umumnya menggunakan Investor-State Dispute Settlement (ISDS) sebagai mekanisme untuk menyelesaikan sengketa. ISDS diatur dalam International Investment Agreement (IIA) sebagai bentuk negara memberikan jaminan dan kepastian hukum dalam melindungi investor asing. Salah satu sengketa yang sering terjadi antara negara penerima dan investor asing yakni terkait expropriation yang menjadi alasan untuk menggugat atas potential loss, namun standar potential loss belum diatur secara khusus yang mengakibatkan negara penerima dengan mudah dapat digugat oleh investor asing atas potential loss dan ganti rugi nilai potential loss yang tinggi. Oleh karena itu, skripsi ini akan membahas potential loss dalam ISDS dengan menentukan standar potential loss yakni reasonable certainty dan mengacu pada kasus Pac Rim Cayman LLC v. Republic of El Salvador.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK FH 78/18 Ama p
Uncontrolled Keywords: Investasi Asing; Potential loss; Investor-State Dispute Settlement
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K85-89 Legal research
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsNIM
FITRI NUR AMALIA, 031411131006UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIman Prihandono, S.H.,M.H.,LL.MUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 12 Feb 2018 00:18
Last Modified: 12 Feb 2018 00:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/69637
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item