ANALISIS ELEMEN-ELEMEN FRAUD DIAMOND DALAM MENDETEKSI FINANCIAL STATEMENT FRAUD (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Sub-sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di BEI Tahun 2013-2016)

Vivin Taryani Putri, 041411331099 (2018) ANALISIS ELEMEN-ELEMEN FRAUD DIAMOND DALAM MENDETEKSI FINANCIAL STATEMENT FRAUD (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Sub-sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di BEI Tahun 2013-2016). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
A.45-18 Put a ABSTRAK.pdf

Download (126kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
A.45-18 Put a SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 12 February 2021.

Download (976kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris elemen-elemen fraud diamond yang berpengaruh atau dapat digunakan untuk mendeteksi kemungkinan adanya financial statement fraud. Penelitian ini menggunakan pendekatan teori fraud diamond dari Wolfe and Hermanson (2004), dimana terdapat empat faktor yang mempengaruhi financial statement fraud yaitu tekanan (pressure), peluang (opportunity), rasionalisasi (rationalization) dan kemampuan (capability). Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sub-sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di BEI Tahun 2013-2016. Penelitian ini menggunakan analisis regresi logistik sebagai teknik analisis data karena variabel dependen yaitu financial statement fraud merupakan variabel dummy yang diukur menggunakan Beneish M-score. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel tekanan yang di proksikan dengan rasio leverage (external pressure), kepemilikan manajerial (personal financial needs), dan ROA (financial target); variabel kesempatan/peluang yang diproksikan dengan pertumbuhan piutang (nature of industry) berpengaruh positif signifikan terhadap financial statement fraud. Sedangkan penelitian ini masih belum bisa membuktikan hubungan antara variabel tekanan yang diproksikan dengan tingkat pertumbuhan aset (financial stability); kesempatan/peluang yang diproksikan dengan tingkat komisaris independen dan jumlah komite audit independen (ineffective monitoring), rasionalisasi yang diproksikan dengan perubahan auditor dan kemampuan yang diproksikan dengan tingkat pendidikan direksi (CEO) dengan financial statement fraud.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A.45/18 Put a
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4001-4285 Finance management. Business finance.Corporation finance
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
Vivin Taryani Putri, 041411331099UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAgus Widodo Mardijuwono, Drs., M.Si., Ak., CMA., CA.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 12 Feb 2018 01:21
Last Modified: 12 Feb 2018 01:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/69644
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item