HIGIENE DAN SANITASI PADA MAKANAN BUBUR HARISAH DI KABUPATEN GRESIK

MOCHAMAD RIZAL MAULANA, 101511123111 (2018) HIGIENE DAN SANITASI PADA MAKANAN BUBUR HARISAH DI KABUPATEN GRESIK. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak fkm 39 18.pdf

Download (31kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
FKM 39 18.pdf
Restricted to Registered users only until 12 February 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Makanan adalah kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi setiap harinya. Usaha pengelolaan makanan yang baik adalah dengan menerapkan dasardasar higiene dan sanitasi makanan.Bubur harisah merupakan makanan khas Kabupaten Gresik yang banyak dicari masyarakat karena khasiatnya bagi kesehatan menurut kepercayaan setempat. Kondisi higiene dan sanitasi pada makanan bubur harisah yang baik dapat mencegah terjadinya kontaminasi. Penelitian dilakukan untuk mengetahui kondisi higiene dan sanitasi serta kualitas bakteri Escherichia coli dalam makanan bubur harisah. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kondisi higiene dan sanitasi pada makanan bubur harisah berdasarkan Permenkes RI Nomor 1096 Tahun 2011 tentang Higiene Sanitasi Jasaboga. Penelitian dilakukan dengan metode observasional dan rancangan penelitian cross sectional. Sampel penelitian diambil secara non probability sebanyak 8 pedagang bubur harisah di Kabupaten Gresik. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengisian kuesioner, observasi, dan uji laboratorium. Hasil penilaian kondisi higiene dan sanitasi pada makanan bubur harisah berdasarkan karakteristik penjamah sebagian besar adalah berusia >50 tahun (50%), jenis kelamin terbanyak adalah laki-laki (75%) dengan tingkat pendidikan terakhir terbanyak adalah perguruan tinggi (62,5%) dengan jurusan terbanyak adalah sarjana pendidikan agama islam dan lama berjualan terbanyak antara 11-20 tahun (50%). Kondisi higiene penjamah dan sanitasi sarana prasarana telah sesuai dengan peraturan terkait. Terdapat 4 pedagang (50%) yang tidak memenuhi uji kelaikan fisik higiene dan sanitasi makanan bubur harisah dengan persentase dibawah 93%. Terdapat 1 pedagang (12,5%) yang uji sampelnya mengandung bakteri Escherichia coli. Secara keseluruhan terdapat 1 pedagang yang tidak memenuhi kesesuaian Permenkes RI nomor 1096 tahun 2011 tentang Higiene Sanitasi Jasaboga golongan A1. Kesimpulan dari penelitian ini adalah masih terdapat bakteri Escherichia coli dalam sampel yang diteliti. hasil observasi uji kelaikan fisik menunjukkan kondisi higiene dan sanitasi yang belum memenuhi standar. Sebaiknya para pedagang makanan meningkatkan kondisi higiene dan sanitasi serta melakukan pelatihan penjamah makanan yang selanjutnya dibina dan diawasi pihak dinas kesehatan Kabupaten Gresik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 39 18 Mau h
Uncontrolled Keywords: Higiene Sanitasi, Bubur Harisah, Escherichia coli
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
MOCHAMAD RIZAL MAULANA, 101511123111UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRirih Yudhastuti, Prof. Dr. , drh., M.ScUNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 12 Feb 2018 02:16
Last Modified: 21 Feb 2018 18:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/69662
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item