ANALISIS STRATEGI BISNIS PT PETROKOPINDO CIPTA SELARAS DALAM RANGKA PENINGKATAN DAYA SAING UNTUK MEMENANGKAN PERSAINGAN BISNIS

DHAMAR WIRAWAN, 041514353017 (2018) ANALISIS STRATEGI BISNIS PT PETROKOPINDO CIPTA SELARAS DALAM RANGKA PENINGKATAN DAYA SAING UNTUK MEMENANGKAN PERSAINGAN BISNIS. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (319kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 13 February 2021.

Download (2MB)

Abstract

PT Petrokopindo Cipta Selaras dihadapkan pada kondisi pasar yang semakin sengit, karena target pasar PT Petrokopindo Cipta Selaras yang hampir seluruhnya berada di PT Petrokimia Gresik telah mulai dimasuki pesaing. Hal tersebut tidak lain karena kebijakan Pupuk Indonesia sebagai Holding Company dari PT Petrokimia Gresik yang mewajibkan anak perusahaan dibawahnya untuk melakukan tender terbuka. Selain itu perusahaan dihadapkan juga pada mulai menurunnya tren pendapatan dari tahun 2014 – 2015, dimana hal tersebut bertolak belakang pada saat yang sama dengan pasar logistik di PT Petrokimia Gresik khususnya Public Service Obligation (PSO) mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Penelitian ini menggunakan analisa internal dan eksternal untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang paling mempengaruhi terhadap bisnis perusahaan, sedangkan untuk mendapatkan informasi secara langsung digunakan wawancara. Hasil analisa internal dan eksternal akan digunakan untuk mendapatkan faktor pada internal external (IE) matrix dan penjabaran strategi perusahaan melalui analisa diamond. Penelitian ini menunjukkan posisi strategik PT Petrokopindo Cipta Selaras pada “Grow and Build”. Strategi yang digunakan perusahaan adalah intensive strategy dengan pendekatan market penetration. Selanjutnya disusun strategi bisnis menggunakan analisa diamond yang terdiri dari arena, vehicle, differentiators, staging, dan economic of logic.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK MM 05/18 Wir a
Uncontrolled Keywords: strategi bisnis, analisis internal eksternal, posisi strategik, strategi diamond.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory > HB1-3840 Economic theory. Demography
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
DHAMAR WIRAWAN, 041514353017UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisoradri Munir Sukoco, Prof, , SE., MBA., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 12 Feb 2018 20:47
Last Modified: 12 Feb 2018 20:47
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/69689
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item