STRATEGI INTERNASIONALISASI ALIEXPRESS (E-RETAIL SUBSIDIARIS INTERNASIONAL ALIBABA GROUP) DI RUSIA

HINMANIAR TRI SUTRISNO, 071311233015 (2017) STRATEGI INTERNASIONALISASI ALIEXPRESS (E-RETAIL SUBSIDIARIS INTERNASIONAL ALIBABA GROUP) DI RUSIA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.HI.26 18 Sut s.pdf

Download (13kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.HI.26 18 Sut s.pdf
Restricted to Registered users only until 19 February 2021.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.HI.26 18 Sut s.pdf

Download (557kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berisikan analisis keberhasilan strategi internasionalisasi Transnational Corporation (TNCs) di suatu negara, melalui kasus dominasi AliExpress, subsidiaris Alibaba Group, di e-retail market Rusia. Di Rusia, AliExpress menjadi situs e-retail paling populer sejak tahun 2014 hingga 2016. Yang terkini pada tahun 2017, Rusia menjadi negara pengguna AliExpress terbesar dengan 29,18% jauh meninggalkan Brazil di posisi kedua dengan 5,52%. Walau dapat dikatakan berhasil, Alibaba Group memang dari awal diragukan keberhasilannya dalam melakukan internasionalisasi. Alibaba Group tidak dianggap memiliki knowledge sebagai Firm-Specific Advantage (FSA). Beberapa tulisan mengenai FSA, menurut peneliti cenderung mengacu pada kepemilikan knowledge dan tidak melihat faktor lain seperti faktor negara sebagai sumber FSA. Selain itu, peneliti juga menemukan bahwa beberapa teori mengenai internasionalisasi cenderung berfokus pada advantage (keuntungan) dan mengabaikan pembahasan disadvantage (ketidakuntungan). Dengan menggunakan kerangka CAGE Distance, keuntungan dapat ditemukan melalui Country-Specific Advantage (CSA) dan ketidakuntungan dapat ditemukan melalui Liability of Foreigness (LOF) dari masing-masing faktor. Peneliti memiliki hipotesis bahwa dominasi AliExpress di e-retail market Rusia dikarenakan dapat memanfaatkan CSA dan mengatasi LOF yang dimiliki AliExpress di Rusia. Melalui metode penelitian eksplanatif, penelitian ini menjelaskan mengenai hubungan sebab akibat fenomena yakni strategi internasionalisasi AliExpress dalam memanfaatkan CSA dan mengatasi LOF dengan dominasi AliExpress di pasar e-retail Rusia. Berdasarkan hasil penelusuran dalam penelitian, ditemukan bahwa keberhasilan internasionalisasi melalui studi kasus dominasi AliExpress di e-retail market Rusia dikarenakan AliExpress dapat memanfaatkan CSA dan mengatasi LOF. Tidak hanya keuntungan politik, ekonomi, dan geografi Tiongkok dan Rusia, penelitian ini juga menemukan bahwa strategi AliExpress dalam mengatasi ketidakuntungan-ketidakuntungannya di e-retail market Rusia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.HI.26/18 Sut s
Uncontrolled Keywords: internasionalisasi, AliExpress, e-retail, Rusia, FSA, CSA, LOF
Subjects: J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations > JZ1305-2060 Scope of international relations. Political theory. Diplomacy > JZ1464-2060 Scope of international relations with regard to countries, territories, regions, etc.
J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations > JZ4835-5490 International organizations and associations > JZ4841-4848 Political non governmental organizations. NGOs
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
HINMANIAR TRI SUTRISNO, 071311233015UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMoch. Yunus, S.IP., MA.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 19 Feb 2018 00:12
Last Modified: 19 Feb 2018 00:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/69824
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item