DARI LOOK EAST KE ACT EAST: ARTI PENTING PERUBAHAN KEBIJAKAN LUAR NEGERI INDIA TERHADAP NEGARA-NEGARA DI ASIA TENGGARA

MUHAMMAD FATHULLAH, 071311233052 (2017) DARI LOOK EAST KE ACT EAST: ARTI PENTING PERUBAHAN KEBIJAKAN LUAR NEGERI INDIA TERHADAP NEGARA-NEGARA DI ASIA TENGGARA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.HI.27 18 Fat d.pdf

Download (320kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.HI.27 18 Fat d.pdf
Restricted to Registered users only until 19 February 2021.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.HI.27 18 Fat d.pdf

Download (611kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Untuk menjalin hubungan dengan negara-negara di dalam kawasan, khususnya Asia Tenggara, India memiliki kebijakan yang disebut dengan Look East. Kebijakan tersebut digagas pada masa pemerintahan Perdana Menteri Narasimha Rao di tahun 1991. Di tahun 2014, India melalui Perdana Menteri Narendra Modi memutuskan untuk mengganti label Look East menjadi Act East. Kebijakan baru tersebut digambarkan sebagai kebijakan yang akan mencerminkan komitmen dan peranan India yang akan lebih aktif di kawasan. Pernyataan tersebut tentunya membutuhkan pembuktian, terlebih ketika Look East merupakan kebijakan yang telah dijalankan lebih dari dua dekade oleh tiga rezim yang berbeda. Di dalam penelitian ini, penulis menemukan bahwa Look East selalu berkembang dan meningkat intensitasnya dari satu rezim ke rezim selanjutnya, sehingga pergantian label untuk menekankan upaya untuk “berperan lebih aktif” bukanlah hal yang perlu dilakukan mengingat sifat dari kebijakan Look East itu sendiri. Begitu pula secara esensi, Act East tidak memiliki perbedaan jika dibandingkan dengan Look East. Namun melalui analisis teori balance of threat, dapat dilihat bahwa terdapat tendensi baru dalam penerapan kebijakan Act East jika dibandingkan dengan Look East, utamanya bila dikaitkan dengan upayanya untuk membendung pengaruh Tiongkok dalam kawasan. Serta ditinjau dari segi national self-images, pergantian label tersebut sebenarnya memiliki arti penting bagi India sehingga perubahan memang perlu dilakukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.HI.27/18 Fat d
Uncontrolled Keywords: Act East, Asia Tenggara, India, Look East, Tiongkok, Balance of threat, National self-images.
Subjects: J Political Science > JQ Political institutions Asia > 6651 Political institutions and public administration (Asia,Africa, Australia, Pacific Area, etc.)
J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations > JZ1305-2060 Scope of international relations. Political theory. Diplomacy > JZ1464-2060 Scope of international relations with regard to countries, territories, regions, etc.
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
MUHAMMAD FATHULLAH, 071311233052UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSiti R. Susanto, Dr., Phil., S.IP., MIR.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 19 Feb 2018 00:27
Last Modified: 19 Feb 2018 00:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/69825
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item