PENERBITAN SERTIFIKAT HAK MILIK PENGGANTI KARENA HILANG OLEH AHLI WARIS YANG DISEBABKAN OLEH BENCANA ALAM

Faiqa Fatmala, 031524253072 (2018) PENERBITAN SERTIFIKAT HAK MILIK PENGGANTI KARENA HILANG OLEH AHLI WARIS YANG DISEBABKAN OLEH BENCANA ALAM. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 22 February 2021.

Download (1MB)

Abstract

Tesis ini berjudul Penerbitan Sertifikat Hak Milik Pengganti Karena Hilang Oleh Ahli Waris yang Disebabkan Oleh Bencana Alam. Tipe Penelitian dalam tesis ini menggunakan tipe penelitian hukum yang bersifat yuridis normatif, yaitu penelitian yang difokuskan untuk mengkaji penerapan kaidah-kaidah atau norma-normma dalah hukum positif yang berlaku. Pendaftaran tanah pada hakikatnya bertujuan untuk memberikan kepastian hak kepada pemilik tanah Terbitnya sertipikat merupakan pemberi rasa aman kepada pemilik tanah akan haknya pada tanah tersebut. Hak Milik atas tanah sifatnya turun temurun,namun bagaimana jika sertifikat Hak Milik tersebut hilang, dalam penelitian ini menghasilkan rumusan masalah alat bukti apa yang digunakan oleh ahli waris dalam proses penerbitan sertipikat pengganti, dan upaya hukum apa yang dapat dilakukannya. Alat bukti kepemilikan oleh ahli waris adalah surat keterangan waris, dengan adanya peralihan hak atas tanah maka ahli waris yang mendapatkan warisan tersebut wajib membuat surat keterangan waris dengan disaksikan oleh 2 (dua) orang saksi dengan diketahui oleh kepala desa/kelurahan dan dikuatkan oleh camat setempat. Dalam proses penerbitan sertipikat pengganti yang hilang karena bencana alam dilakukan terlebih dahulu pengecekkan data fisik dan data yuridis dan kemudian diadakan pengumuman. Jika setelah 30 (tiga puluh) hari sejak diumumkan akan diadakan penerbitan sertifikat pengganti dan ternyata tidak ada pihak-pihak yang menyatakan keberatan maka Kantor Pertanahan akan menerbitkan sertipikat pengganti yang telah hilang karena bencana alam.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK TMK 57/18 Fat p
Uncontrolled Keywords: Penerbitan Sertipikat Pengganti, Ahli waris, Bencana Alam
Subjects: K Law > KB Religious law in general > KB1-4855 Religious law in general. Comparative religious law. Jurisprudence > KB400-4855 Interdisciplinary discussion of subjects > KB2000-2035 Public law. The State
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Kenotariatan
Creators:
CreatorsNIM
Faiqa Fatmala, 031524253072UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorUrip Santoso, Dr.,S.H.,M.HUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 21 Feb 2018 22:21
Last Modified: 21 Feb 2018 22:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/69977
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item