DAYA SAING DAN DAMPAK KEBIJAKAN PEMERINTAH TERHADAP USAHATANI PADI DI KABUPATEN SIDOARJO

LUCKY DARMAWAN, 041211132023 (2017) DAYA SAING DAN DAMPAK KEBIJAKAN PEMERINTAH TERHADAP USAHATANI PADI DI KABUPATEN SIDOARJO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
C. 01-18 Dar d ABSTRAK.pdf

Download (312kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
C. 01-18 Dar d.pdf
Restricted to Registered users only until 26 February 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Padi merupakan makanan pokok sebagian besar masyarakat Indonesia, oleh karena itu padi merupakan komoditas strategis yang harus dijaga dan diatur oleh pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daya saing dan dampak kebijakan pemerintah terhadap usahatani padi di Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh melalui data Analisis Ekonomi Usahatani dan harga internasional komoditas padi yang diperoleh dari instansi terkait dan publikasi ilmiah. Metode yang digunakan adalah Policy Analysis Matrix (PAM). Hasil perhitungan dari analisis PAM menunjukkan bahwa usahatani padi di Kabupaten Sidoarjo memiliki keunggulan komparatif dan keunggulan kompetitif yang berarti usahatani memiliki daya saing. Kebijakan pemerintah terhadap usahatani padi di Kabupaten Sidoarjo secara keseluruhan telah mampu melindungi usahatani. Analisis sensitivitas menunjukkan bahwa adanya perubahan nilai tukar, perubahan tarif impor dan perubahan harga komoditas berpengaruh kepada tingkat keuntungan dan daya saing usahatani padi. Studi ini menyarankan agar usahatani padi di Kabupaten Sidoarjo perlu mempertahankan serta meningkatkan produktivitasnya dengan insentifikasi serta perlu adanya kajian ulang terkait kebijakan yang belum berdampak positif serta menyediakan kebijakan alternatif terkait dengan perubahan-perubahan yang terjadi dalam pasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 C. 01-18 Dar d
Uncontrolled Keywords: daya saing, kebijakan pemerintah, profitabilitas, analisis sensitivitas, Policy Analysis Matrix (PAM)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD7795-8027 Labor policy. Labor and the state
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
Creators:
CreatorsNIM
LUCKY DARMAWAN, 041211132023UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBustani Berachim, Dr. H., Drs,. EcUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 25 Feb 2018 18:17
Last Modified: 25 Feb 2018 18:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70080
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item