ANALISIS DAYA SAING DAN DAMPAK KEBIJAKAN PEMERINTAH TERHADAP USAHATANI KEDELAI DI INDONESIA (Studi di Kabupaten Jember Jawa Timur)

ANDRI KURNIAWAN, 041311133015 (2018) ANALISIS DAYA SAING DAN DAMPAK KEBIJAKAN PEMERINTAH TERHADAP USAHATANI KEDELAI DI INDONESIA (Studi di Kabupaten Jember Jawa Timur). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
C. 03-18 Kur a ABSTRAK.pdf

Download (278kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
C. 03-18 Kur a.pdf
Restricted to Registered users only until 26 February 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat keuntungan, daya saing, dan dampak kebijakan pemerintah terhadap produksi kedelai di Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember sebagai salah satu daerah yang memiliki potensi dalam pengusahaan kedelai. Responden sebanyak 30 orang dipilih dengan menggunakan teknik disproportionate stratified random sampling. Data dalam penelitian ini merupakan data primer dan sekunder yang diperoleh melalui data pendapatan usahatani serta harga internasional kedelai dari instansi terkait dan publikasi ilmiah. Metode analisis yang digunakan adalah Policy Analysis Matrix (PAM). Hasil analisis PAM menunjukkan bahwa usahatani kedelai di Kabupaten Jember mempunyai keuntungan privat dan sosial serta mempunyai keunggulan kompetitif dan komparatif sebagai indikator daya saing. Kebijakan pemerintah secara keseluruhan mampu memproteksi usahatani kedelai. Analisis sensitivitas menunjukkan keuntungan dan daya saing usahatani sensitif terhadap perubahan pada harga output dan kenaikan tarif impor komoditas. Studi ini menyarankan bahwa usahatani perlu meningkatkan produksi kedelai untuk mengurangi ketergantungan pada pasar dunia dan mengoptimalkan potensi wilayah serta pemerintah perlu mengkaji lagi kebijakan yang belum mampu memproteksi usahatani dan menerapkan alternatif kebijakan dengan memperhatikan kondisi pasar dalam negeri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 C. 03-18 Kur a
Uncontrolled Keywords: daya saing, kebijakan pemerintah, sensitivitas, Policy Analysis Matrix (PAM)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD3611-4730.9 Industrial policy. The state and industrial organization Including licensing of occupations and professions, subsidies, inspection, government ownership, municipal services
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
Creators:
CreatorsNIM
ANDRI KURNIAWAN, 041311133015UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTri Haryanto, Drs. Ec., M.P., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 25 Feb 2018 20:48
Last Modified: 25 Feb 2018 20:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70084
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item