ANALISIS PENGARUH RASIO KETERGANTUNGAN MUDA, RASIO KETERGANTUNGAN TUA, DAN PENDIDIKAN TERHADAP PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA DI INDONESIA

ERRI LUKMAN HAKIM, 041411131024 (2018) ANALISIS PENGARUH RASIO KETERGANTUNGAN MUDA, RASIO KETERGANTUNGAN TUA, DAN PENDIDIKAN TERHADAP PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA DI INDONESIA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
C. 09-18 Hak a Abstrak.pdf

Download (55kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
C. 09-18 Hak a.pdf
Restricted to Registered users only until 27 February 2021.

Download (957kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh rasio ketergantungan muda, rasio ketergantungan tua, dan pendidikan terhadap produktivitas tenaga kerja di Indonesia. Penelitian ini menggunakan data panel 33 Provinsi yang ada di Indonesia dalam periode 2006-2016. Kesempatan suatu negara mendapatkan bonus demografi terlihat dari perubahan struktur penduduk yang ada di negaranya, dengan semakin menurunnya tingkat kelahiran yang ada menyebabkan pergeseran struktur penduduk yang semakin banyak pada usia produktif. Besarnya jumlah penduduk usia produktif mengarah pada semakin rendahnya rasio ketergantungan muda, dan meningkatnya rasio ketergantungan tua yang dapat meningkatkan produktivitas tenaga kerja. Besarnya jumlah penduduk usia produktif jika peningkatannyaselaras dengan peningkatan pendidikan yang terjadi yaitu meningkatnya produktivitas tenaga kerja. Hasil penelitian menggunakan metode Fixed Effect menunjukkan bahwa rasio ketergantungan muda berhubungan negatif signifikan terhadap produktivitas tenaga kerja, sedangkan rasio ketergantungan tua serta pendidikan berpengaruh positif signifikan terhadap produktivitas tenaga kerja di Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 C. 09-18 Hak a
Uncontrolled Keywords: Rasio ketergantungan muda, rasio ketergantungan tua, pendidikan, produktivitas tenaga kerja
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Ilmu Forensik
Creators:
CreatorsNIM
ERRI LUKMAN HAKIM, 041411131024UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDr., S.E., M.Si., Nurul Istifadah.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 26 Feb 2018 20:23
Last Modified: 26 Feb 2018 20:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70133
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item