ANALISIS HUBUNGAN INTAKE DOSE TOLUENA DENGAN BUN,KREATININ, SGOT DAN SGPT PADA PEKERJA YANG TERPAPAR TOLUENA (Studi Pada Pekerja Bagian Printing Industri Karung Plastik)

NANANG NURCAHYONO, 101524253012 (2018) ANALISIS HUBUNGAN INTAKE DOSE TOLUENA DENGAN BUN,KREATININ, SGOT DAN SGPT PADA PEKERJA YANG TERPAPAR TOLUENA (Studi Pada Pekerja Bagian Printing Industri Karung Plastik). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (24kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
TKK 04-18 Nur a.pdf
Restricted to Registered users only until 1 March 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Toluena merupakan komponen bahan yang digunakan dalam proses percetaan yang ada di industry karung plastik. Pajanan toluena yang ada di lingkungan kerja berkaitan dengan karakteristik individu dan kondisi lingkungan kerja.Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan intake dose toluena terhadap kadar BUN, kreatinin, SGOT dan SGPT. Jenis penelitian ini adalah observasional dengan rancang bangun penelitian cross sectional. Subjek penelitian ini sejumlah 42 orang yang telah memenuhi kriteria. Metode yang digunakan adalah dengan cara kuesioner, dokumentasi, wawancara dan pengukuran (konsentrasi toluena, BUN dan Kretinin, SGOT dan SGPT serta berat badan). Variabel bebas dalam penelitian ini adalah intake dose toluena di udara dan karakteristik subjek penelitian yang meliputi umur, pendidikan, waktu pajanan, frekuensi pajanan, kebiasaan olahraga, kebiasaan merokok dan penggunaan alat pelindung diri (APD). Sedangkan variabel terikat yaitu BUN, kreatinin, SGOT, dan SGPT. Pengukuran intake dose toluena menggunakan pedoman dari hasil pengukuran lingkungan kerja dan pengukuran kadar BUN, kreatinin, SGOT dan SGPT diukur saat setelah selesai bekerja. Berdasarkan hasil uji hubungan pearson correlation menunjukan bahwa terdapat hubungan durasi pajanan dengan SGPT (p-value=0,035), terdapat hubungan status gizi dengan kreatinin (p-value=0,015) dan status gizi dengan SGPT (p-value=0,001). Intake dose toluena tidak terdapat hubungan dengan peningkatan kadar BUN, kreatini, SGOT dan SGPT. Berdasarkan hasil tersebut, manajemen perlu meningkatkan pengawasan dan sosialisasi terkait pemakaian APD terhadap pekerja. Menjaga hygiene perorangan bagi pekerja sebelum dan sesudah bekerja kemudian pada saat kembali kerumah terutama penggantian baju kerja.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKK.04/18 Nur a
Uncontrolled Keywords: Toluena, Intake Dose Toluena, Kadar BUN, Kreatinin, SGOT dan SGPT
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Magister Kesehatan dan Keselamatan Kerja
Creators:
CreatorsNIM
NANANG NURCAHYONO, 101524253012UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAbdul RohimTualeka, Dr., Drs., M. Kes.UNSPECIFIED
Thesis advisorNoeroel Widajati, Dr. , S.KM, M.Sc.,UNSPECIFIED
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 28 Feb 2018 17:21
Last Modified: 28 Feb 2018 17:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70236
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item