KEMITRAAN ANTARA PETANI TEBU DENGAN PABRIK GULA (Studi Kasus Pada Petani Tebu di Desa Mangli Wetan Kec. Tapen Kab. Bondowoso)

SAVITA PUTRI ANRIZA, 071411431052 (2017) KEMITRAAN ANTARA PETANI TEBU DENGAN PABRIK GULA (Studi Kasus Pada Petani Tebu di Desa Mangli Wetan Kec. Tapen Kab. Bondowoso). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.S.07 18 Anr k.pdf

Download (27kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.S.07 18 Anr k.pdf
Restricted to Registered users only until 1 March 2021.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.S.07 18 Anr k.pdf

Download (119kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pencabutan Inpres No. 9 tahun 1975 yang merupakan sistem glebagan, ternyata menyebabkan merosotnya produksi gula di Indonesia. Impor gula menjadi tak terelakkan lagi, sehingga menyebabkan industri gula di Indonesia mengalami gejolak. Petani tebu mengandalkan pabrik gula sebagai pengolah tanaman tebu milik mereka. Pabrik gula sebagai tempat pengolah gula sangat mengandalkan hasil dari tebu milik para petani mengingat lahan tebu yang dimiliki pabrik gula sangat terbatas. Kondisi ini menimbulkan hubungan kemitraan antara pabrik gula dengan petani tebu menjadi terjalin. Perspektif teoritis patron-klien dari James Scott merupakan kerangka teoritis yang digunakan untuk menjelaskan kemitraan yang dibangun petani tebu dengan Pabrik Gula. Teori ini memberikan suatu tinjauan hasil temuan data di lapangan. Penelitian ini menggunakan paradigma perilaku sosial dimana paradigma ini membahas tentang perilaku individu dalam konteks membangun suatu hubungan kemitraan untuk mencapai suatu kebutuhan akan produksi dengan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik penentuan informan dalam penelitian dilakukan dengan cara snowball. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, kemitraan yang dibangun antara petani tebu dengan Pabrik Gula Prajekan adalah dengan membuat kesepakatan kontrak, memberikan pelayanan dan bantuan secara profesional, tidak memberikan reward khusus antara petani tebu atau Pabrik Gula Prajekan. Mereka menjalin hubungan kemitraan dengan sama-sama mendapat keuntungan tanpa ada yang dirugikan. Namun, dalam kemitraan ini masih terdapat beberapa kendala dari kedua belah pihak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.S.07/18 Anr k
Uncontrolled Keywords: Kemitraan, petani tebu, pabrik gula, patron-klien
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD101-1395.5 Land use Land tenure
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD895-899 Industrial and factory sanitation
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
SAVITA PUTRI ANRIZA, 071411431052UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDoddy S. Singgih, Drs., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 28 Feb 2018 18:28
Last Modified: 28 Feb 2018 18:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70239
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item