STIGMA PADA MASYARAKAT “KAMPUNG GILA” DI DESA PARINGAN KECAMATAN JENANGAN KABUPATEN PONOROGO

Anis Ardianti, 071411431041 (2017) STIGMA PADA MASYARAKAT “KAMPUNG GILA” DI DESA PARINGAN KECAMATAN JENANGAN KABUPATEN PONOROGO. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.S.11 18 Ard s.pdf

Download (212kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.S.11 18 Ard s.pdf
Restricted to Registered users only until 1 March 2021.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.S.11 18 Ard s.pdf

Download (135kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

“Kampung Gila” adalah sebuah Desa yang terletak di Desa Paringan Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo. Sebutan Kampung Gila tersebut disebabkan karena banyaknya warga Desa Paringan yang mengalami gangguan kejiwaan. Studi ini memfokuskan pada bentuk-bentuk Stigma yang diterima oleh masyarakat Kampung Gila, serta respon dari masyarakat Kampung Gila atas stigma yang diberikan tersebut. Studi ini menggunakan teori stigma Erving Goffman. Paradigma penelitian yang digunakan yakni paradigma Definisi sosial. Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan purposive. Proses pengumpulan data diperoleh melalui observasi dan wawancara mendalam. Informan yang diperoleh yakni sebanyak 11 informan yang terdiri dari pihak keluarga penderita gangguan jiwa, masyarakat Desa Paringan dalam kategori normal dan tidak memiliki anggota keluarga dengan ganggguan kejiwaan serta tokoh masyarakat. Hasil dari penelitian ini yakni bentuk-bentuk stigma yang diterima yakni stigma verbal seperti Gendheng, edan, stres, goblok dan ora waras, selain itu masyarakat juga menerima stigma non verbal seperti anggapan bahwa semua warga Desa Paringan mengalami gangguan jiwa, dipandang rendah, pinggiran hingga anggapan bahwa muda-mudi di Desa Paringan akan sulit mendapatkan jodoh. kemudian respon dari masyarakat sebagian biasa saja dengan stigma sebagai “Kampung Gila” karena dengan stigma tersebut banyak keuntungan yang didapatkan oleh masyarakat Desa Paringan, namun sebagian merasa tidak setuju dengan stigma yang diberikan karena hanya akan memperburuk citra Desa Paringan itu sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.S.11/18 Ard s
Uncontrolled Keywords: “Kampung Gila”, penderita gangguan jiwa, stigma
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GF Human ecology. Anthropogeography > GF125 Cities. Urban geography
R Medicine > RC Internal medicine > RC554-569.5 Personality disorders. Behavior problems Including sexual problems, drug abuse,suicide, child abuse
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
Anis Ardianti, 071411431041UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKarnaji, S.Sos., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 28 Feb 2018 19:13
Last Modified: 28 Feb 2018 19:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70243
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item