“PANOPTICON” DI LIPONSOS KEPUTIH SURABAYA (Studi tentang Praktik Dominasi dalam Relasi Kuasa antara Penghuni dengan Pihak Liponsos Keputih Surabaya dan Resistensi Penghuni)

Dini Nurul Ilmiah, 071411431022 (2017) “PANOPTICON” DI LIPONSOS KEPUTIH SURABAYA (Studi tentang Praktik Dominasi dalam Relasi Kuasa antara Penghuni dengan Pihak Liponsos Keputih Surabaya dan Resistensi Penghuni). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.S.15 18 Ilm p.pdf

Download (111kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.S.15 18 Ilm p.pdf
Restricted to Registered users only until 1 March 2021.

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.S.15 18 Ilm p.pdf

Download (915kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Foucault mengatakan, kekuasaan tersebar dimana mana dan ada di setiap relasi. Di lingkungan keluarga, sekolah, penjara, rumah sakit, dan sebagainya. Begitu juga dengan Liponsos sebagai total institution yang mengatur sedemikian rupa kehidupan penghuninya agar menjadi ‘normal’ dan tunduk pada aturan. Namun dalam kenyataannya, petugas Liponsos menggunakan mekanisme yang Foucault sebut sebagai mekanisme panopticon untuk melegitimasi kekuasaannya kepada penghuni. Penelitian ini mencoba menggali tentang dua hal, yaitu mekanisme panopticon di Liponsos Keputih, dan resistensi yang dilakukan penghuni. Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan teknik penentuan informan secara snowball dan telah didapat 14 (empat belas informan), yaitu 9 (Sembilan) penghuni dan 5 (lima) petugas. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah observasi partisipatif sebagai volunteer dan wawancara mendalam. Data peneliti olah dengan cara mentranskrip wawancara mendalam kemudian mengolahnya sebagai temuan dan diinterpretasi secara teoritik. Mekanisme panopticon di Liponsos Keputih Surabaya berlangsung secara kompleks, antara lain melalui desain barak, ‘seni penyebaran’, melalui orang kepercayaan, CCTV, jaringan media komunikasi, dan menghafal kebiasaan penghuni. Keadaan seperti ini membuat penghuni kalah dalam hal bargaining dengan petugas. Di sinilah dominasi kuasa terjadi. Sedangkan perlawanan yang terjadi antara lain perlawanan terselubung hingga perlawanan secara terangterangan –bahkan secara massal—. Perlawanan terselubung yang terjadi di Liponsos Keputih disebabkan adanya kekuasaan yang berlaku di dalamnya, serta adanya ancaman tertentu. Perlawanan terselubung justru dijadikan penghuni sebagai cara cepat menuju pembebasan. Sedangkan perlawanan terang-terangan pernah dilakukan dengan cara perlawanan verbal, dan peristiwa 23 (dua puluh tiga) penghuni kabur bersama-sama dengan menjebol pintu barak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.S.15/18 Ilm p
Uncontrolled Keywords: panopticon, dominasi kuasa, resistensi
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD101-1395.5 Land use Land tenure
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD3611-4730.9 Industrial policy. The state and industrial organization Including licensing of occupations and professions, subsidies, inspection, government ownership, municipal services
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
Dini Nurul Ilmiah, 071411431022UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKarnaji, S.Sos., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 28 Feb 2018 20:04
Last Modified: 28 Feb 2018 20:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70248
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item