ANAK – ANAK KORBAN PERCERAIAN (Studi Deskripstif Tentang Perilaku Konformitas dan Devian Anak Korban Perceraian Di Surabaya)

JURICKE DYAH PERMATA WIBISONO, 071411431023 (2017) ANAK – ANAK KORBAN PERCERAIAN (Studi Deskripstif Tentang Perilaku Konformitas dan Devian Anak Korban Perceraian Di Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.S.20 18 Wib a.pdf

Download (634kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.S.20 18 Wib a.pdf
Restricted to Registered users only until 1 March 2021.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.S.20 18 Wib a.pdf

Download (353kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Fenomena seringnya terjadi perceraian di Surabaya dari tahun ketahun terus mengalami peningkatan. Adapun adanya perceraian ini Anak korban dari perceraian kesehariannya diasuh oleh keluarga besar (extended family) di dalam keluarga tersebut tentu terdapat perubahan fungsi keluarga, salah satu dari fungsi keluarga yakni sosialisasi dan berdampak pada perilaku anak korban perceraian. Angka perceraian di Surabaya menduduki peringkat satu se Jawa Timur dengan jumlah cerai talak tahun 2016 terdapat 1580 kasus cerai talak dan 3358 cerai gugat sehingga jumlah keseluruhan kasus cerai yang diterima oleh Pengadilan Agama sebanyak 4398. Untuk menganalisa permasalahan tersebut maka digunakan Sosialisasi, kontrol sosial, looking glass theory. Dengan menggunakan teori tersebut dapat melihat peranan-peranan dan didukung oleh bagaimana pola asuh yang diterapkan oleh keluarga sehingga membentuk perilaku anak pasca perceraian. Fungsi sosialisasi keluarga adalah untuk mendidik anak mulai dari awal sampai pertumbuhan anak hingga terbentuk personality-nya. Anak-anak lahir tanpa bekal sosial, agar anak dapat berpartisipasi maka harus disosialisasi oleh orangtuanya tentang nilai-nilai yang ada dalam masyarakat. Hasil penelitian ini berdasarkan bagaimana pemberian sosialisasi, kontrol sosial dan pola asuh yang diberikan keluarga besar dapat mempengaruhi bagaimana perilaku anak pasca perceraian. Perilaku anak setelah mendapat perlakuan sosialisasi dan pola asuh dapat berakibat menjadi perilaku yang konformitas ataupun perilaku devian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.S.20/18 Wib a
Uncontrolled Keywords: perceraian, dampak perceraian, perilaku konformitas dan devian
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF721-723 Child Psychology
R Medicine > RC Internal medicine > RC554-569.5 Personality disorders. Behavior problems Including sexual problems, drug abuse,suicide, child abuse
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
JURICKE DYAH PERMATA WIBISONO, 071411431023UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSiti Mas'udah, S.Sos., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 28 Feb 2018 22:24
Last Modified: 28 Feb 2018 22:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70262
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item