IDENTIFIKASI DNA MANUSIA PADA CAMPURAN DARAH MANUSIA DAN AYAM MENGGUNAKAN PCR DENGAN PRIMER SPESIFIK GEN SITOKROM b

Wimbuh Tri Widodo, 091524653003 (2017) IDENTIFIKASI DNA MANUSIA PADA CAMPURAN DARAH MANUSIA DAN AYAM MENGGUNAKAN PCR DENGAN PRIMER SPESIFIK GEN SITOKROM b. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (48kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
TIF 02-18 Wid i.pdf
Restricted to Registered users only until 2 March 2021.

Download (780kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Proses identifikasi merupakan hal yang sangat penting dalam investigasi kasus-kasus forensik. Salah satu kendala dalam proses identifikasi adalah adanya percampuran sampel-sampel biologis dari spesies yang berbeda, seperti percampuran darah manusia dan darah hewan. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi DNA manusia dari percampuran sampel darah manusia dan ayam dengan memanfaatkan Polymerase Chain Reaction (PCR) dan primer gen sitokrom b. Gen sitokrom b merupakan gen yang terletak pada DNA mitokondria dan memiliki variasi urusan sekuen yang tinggi antara satu spesies dengan spesies lainnya. Analisis PCR dilakukan menggunakan primer gen sitokrom b manusia dengan memberikan variasi DNA template,variasi persentasi darah manusia dan variasi lama sampel sebelum analisis. Penelitian berhasil mengidentifikasi DNA manusia dari campuran darah manusia dan ayam dengan minimal DNA template sebesar 0,01 ng dan minimal persentasi darah manusia dalam campuran sebesar 1%. Bercak campuran darah pada kain yang dibiarkan hingga 15 hari juga masih bisa dianalisis dan pita DNA (157 bp) yang dihasilkan mempunyai mempunyai intensitas yang sama dengan sampel yang dianalisis pada hari ke-0, 3, 7, 10, 15. Hasil penelitian ini diharapkan mampu memberi sumbangan ilmu pada perkembangan forensik di Indonesia dan membantu praktisi forensik untuk mengidentifikasi sampel asal manusia pada percampuran sampel-sampel biologis.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TIF.02/18 Wid i
Uncontrolled Keywords: Percampuran sampel biologis, gen sitokrom b, PCR, DNA, investigasi kasus forensik
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA1001-1171 Forensic medicine. Medical jurisprudence. Legal medicine
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana
Creators:
CreatorsNIM
Wimbuh Tri Widodo, 091524653003UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAhmad Yudianto, , Dr.,dr., SpF., S.H., M.Kes.,UNSPECIFIED
Thesis advisorSri Puji Astuti Wahyuningsih, Dr. , M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 01 Mar 2018 17:03
Last Modified: 01 Mar 2018 17:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70286
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item