PERAN FARMAKOGENETIK DALAM PENGOBATAN DAN PENEMUAN OBAT BARU: Pidato Disampaikan pada Pengukuhan Jabatan Guru Besar dalam Bidang Farmakologi pada Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga di Surabaya pada Hari Sabtu, Tanggal 12 Juli 2008

SRI AGUS SUDJARWO, Prof. (2008) PERAN FARMAKOGENETIK DALAM PENGOBATAN DAN PENEMUAN OBAT BARU: Pidato Disampaikan pada Pengukuhan Jabatan Guru Besar dalam Bidang Farmakologi pada Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga di Surabaya pada Hari Sabtu, Tanggal 12 Juli 2008. Fakultas Kedokteran Hewan: Farmakologi, Surabaya Universitas Airlangga. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (fulltext)
KKC KK PG. 172-10 Sud p.pdf

Download (774kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Keterlibatan gen dan protein pada proses farmakodinamik (mekanisme kerja); farmakokinetik (absorpsi; distribusi, metabolism dan ekskresi); efek samping dan toksisitas suatu obat telah menjadi perhatian para praktisi baik dalam bidang kedokteran maupun dalam bidang farmasi. Dari situlah kemudian lahir disiplin ilmu baru yang mengutamakan pengobatan individual, yaitu farmakogenetika. Farmakogenetik merupakan salah satu cabang ilmu dari farmakologi yang dapat menjelaskan bahwa adanya perbedaan respon dari setiap individu terhadap obat yang diberikan sangat erat kaitannya dengan perbedaan genetik dari masing-masing individu tersebut. Semakin banyak informasi yang diketahui tentang peranan genetik dalam respon obat khususnya pada tingkat molekuler akan membantu para peneliti dalam pengembangan dan penggunaan obat.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK PG. 172-10 Sud p = PG. 38-11 Sud p
Uncontrolled Keywords: Farmakogenetik, Pengobatan dan Penemuan Obat Baru
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine > SF915-919.5 Veterinary pharmacology
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsNIM
SRI AGUS SUDJARWO, Prof.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 01 Mar 2018 19:51
Last Modified: 01 Mar 2018 19:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70306
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item