PENGARUH PENAMBAHAN ASAM AMINO LISIN PADA PAKAN TERHADAP KANDUNGAN LDL (Low Density Lipoprotein), HDL (High Density Lipoprotein), KOLESTROL IKAN PATIN (Pangasius pangasius) = THE INFLUENCE OF ADDITION AMINO ACID LYSINE ON FEED TOWARD CONTENT OF LDL (Low Density Lipoprotein), HDL (High Density Lipoprotein), CHOLESTROL CATFISH (Pangasius pangasius)

JULIO CHANDRA TRIADHIE, 141311133186 (2018) PENGARUH PENAMBAHAN ASAM AMINO LISIN PADA PAKAN TERHADAP KANDUNGAN LDL (Low Density Lipoprotein), HDL (High Density Lipoprotein), KOLESTROL IKAN PATIN (Pangasius pangasius) = THE INFLUENCE OF ADDITION AMINO ACID LYSINE ON FEED TOWARD CONTENT OF LDL (Low Density Lipoprotein), HDL (High Density Lipoprotein), CHOLESTROL CATFISH (Pangasius pangasius). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK PK.BP.25-18 Tri p ABSTRAK.pdf

Download (96kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXY)
KKC KK PK.BP.25-18 Tri p SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 6 March 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perikanan budidaya memiliki komoditas yang menjadi andalan peningkatan produksi salah satunya adalah ikan patin. Peningkatan produksi perikanan budidaya ikan patin menjadi penyumbang terbesar dalam pencapaian target pemerintah untuk meningkatkan produksi perikanan (Tinus, 2013). Inovasi pengembangan budidaya ikan patin perlu dikembangkan dan diperbarui dengan cara perubahan komposisi pakan.Komposisi dari berbagai bahan pakan sangat berpengaruh terhadapkualitas daging dan olahannya. Selain itu juga sangat berpengaruh pada kesegaran maupun daya tahan ikan tersebut. Kadar air ikan patin sebesar 82,22%, kadar air sangat berpengaruh terhadap daya tahan dan kesegaran ikan. Kadar abu ikan patin sebesar 0,74%. Kadar protein ikan patin sebesar 14,53%. Sumber protein ikan patin merupakan sumber protein hewani yang sangat potensial. Ikan patin merupakan ikan air tawar yang memiliki kadar lemak tinggi yaitu sebesar 5,58% (Subagja, 2009), sehingga perlu penambahan feed additive berupa lisin untuk menunjang kualitas gizi pada pakan ikan patin. Lisin merupakan asam amino esensial yang sangat berguna bagi tubuh. Lisin adalah precusor untuk biosintesis karnitin (Sundari et all, 2004). Karnitin dibentuk dalam tubuh yang membantu dalam proses metabolisme lemak sehingga kolesterol dan trigliserida dalam darah berkurang (Frederic dan Wonders, 2002). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemberian lisin pada pakan ikan patin terhadap kandungan Low Density Lipoprotein (LDL), High Density Lipoprotein (HDL), Kolesterol. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang hanya mempunyai satu sumber keragaman yaitu perlakuan. Perlakuan yang diberikan adalah penambahan lisin pada pakan ikan dengan dosis yang berbeda. Pada penelitian ini konsentrasi lisin yang diberika adalah : perlakuan P0 (Pakan Komersial 100%), P1 (Pakan Komersial 100% +1,2% Lisin + 1% Tepung Tapioka), P2 (Pakan Komersial 100% + 2,2% Lisin + 1% Tepung Tapioka), P3 (Pakan Komersial 100% + 3,2% Lisin + 1% Tepung Tapioka). Parameter yang diamati pada penelitian ini adalah Kandungan Low DensityLipoprotein (LDL), High Density Lipoprotein (HDL), dan Kolesterol. Analisis data menggunakan Analysis of Variance (ANOVA) dan dilanjutkan dengan Uji Jarak Berganda Duncan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberian lisin dengan dosis 3,2% memberi pengaruh terhadap penurunan kandungan Low Density Lipoprotein (LDL), peningkatan High Density Lipoprotein (HDL), dan penurunan kandungan Kolesterol pada ikan patin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK.BP.25/18 Tri p
Subjects: Q Science > QL Zoology > QL614-639.8 Fishes
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Manajemen Kesehatan Ikan & Budidaya Perikanan
Creators:
CreatorsNIM
JULIO CHANDRA TRIADHIE, 141311133186UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAgustono, Ir., M.Kes.UNSPECIFIED
Thesis advisorM. Anam Al Arif, Dr., drh. MP.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 05 Mar 2018 17:56
Last Modified: 05 Mar 2018 17:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70387
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item